Kerajinan Limbah Keras, Proses Daur Ulang dan Contohnya

Kerajinan limbah keras ada berbagai macamnya, tergantug pada limbah apa yang digunakan. Limbah keras merupakan limbah padat yang sifatnya keras. Itu meliputi limbah perumahan, limbah industri, limbah perkantoran, konstruksi, medis, hingga pertanian.


Kerajinan Limbah Keras


Limbah keras dari perumahan meliputi gelas, logam, alat elektronik, baterai, ban bekas, dan sebagainya. Sementara pada limbah konstruksi meliputi lantai, beton, baja, dan kayu. Untuk limbah pertanian kayu adalah limbah keras.

Limbah padat tidak selalu limbah keras karena limbah padat juga meliputi sampah basah, debu atau abu, bangkai hewan, dan beberapa limbah pada lain yang tidak bisa dikatakan keras. Hampir semua limbah keras bisa dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan

Pengolahan Limbah

Timbunan limbah yang dihasilkan dari suatu kegiatan sangat bervariasi dan berbeda-beda antara industri satu dengan lainnya. Kian hari, jenis limbah yang dihasilkan semakin banyak dan beragam. Pengelolaan limbah terintegrasi dijadikan harapan baru untuk pemecahan masalah lingkungan.

Pengelolaan limbah secara tradisional meliputi reducing, reusing, recyclyng, recovery, dan pembuangan. Sebelum akhirnya dibuang jika suatu limbah tersebut bisa direducing, recycling atau di recovery, maka jangan dibuang terlebih dulu.

Kita harus memilah milih limbah yang akan dibuang. Tujuannya tidak lain untuk menjaga keberlangsungan lingkungan tempat tinggal manusia. Apalagi kebanyakan limbah keras susah untuk diuraikan kecuali limbah keras organik, seperti kayu atau cangkang kerang yang dapat melapuk.

Untuk itu jika kita tidak bisa memperbaiki atau memperbaharuinya, maka akan lebih baik untuk mendaur ulang sendiri limbah yang kita hasilkan. Beberapa limbah keras rumah tangga bisa dijadikan kerajinan yang bernilai.

Proses Daur Ulang Limbah

Sebelum dijadikan kerajinan, limbah-limbah yang digunakan sebagai bahan dasar perlu melalui proses-proses daur ulang. Secara umum, proses daur ulang limbah keras sama satu dengan lainnya. Berikut ini proses sederhana yang dapat dilakukan dalam mendaur ulang limbah keras.

Pemilihan Limbah Keras

Sebelum masuk proses produksi, limbah-limbah yang terkumpul perlu diseleksi terlebih dahulu. Mana yang kira-kira masih bagus dan layak untuk di daur ulang dan mana yang harus dibuang.

Pembersihan Limbah

Setelah limbah diseleksi, tahap selanjutnya adalah pembersihan limbah-limbah keras yang akan diolah. Biasanya limbah atau sampah kondisinya kotor, sehingga pembersihan diperlukan agar pengolahannya lebih optimal.

Jika diperlukan limbah juga bisa dicuci dengan detergen atau sabun dan air. Gunanya agar sisa-sisa kotoran membandel yang menempel dapat hilang. Tujuan pembersihan juga dimaksudkkan agar produk yang dihasilkan lebih baik.

Pengeringan

Setelah dicuci tentunya limbah yang sudah bersih perlu dikeringkan. Bisa dengan cara di lap atau dijemur di bawah sinar matahari. Itu tergantung pada bahan yang dicuci. Untuk besi dan logam yang mudah berkarat, lebih baik tidak dijemur langsung dibawah matahari.

Lap saja hingga kering limbah-limbah keras yang mudah berkarat. Apabila dijemur, ditakutkan justru akan menimbulkan karat nantinya. Jadi, gunakan lap atau kanebo untuk mengeringkan limbah metal.

Produksi atau Pengerjaan

Setelah bahan dasar kering, kita bisa mengolahnya menjadi kerajinan yang diinginkan. Barang bekas, seperti ranjang kayu, TV, ban, dan sebagainya bisa dirubah menjadi kerajinan yang bermanfaat.

Misalnya kayu sisa ranjang dibuat kandang kucing atau rumah boneka. TV bekas dijadikan akuarium atau kandang hamster, ban dijadikan kurdi dan meja santai.

Penghalusan

Tahap yang dilakukan selanjutnya adalah penghalusan. Jika barang sudah selesai dibuat langkah selanjutnya adalah penghalusan. Biasanya setelah pengerjaan ada bagian-bagian yang kurang halus. Untuk itu diperlukan proses penghalusan agar hasil akhirnya bagus.

Pewarnaan dan Finishing

Tahap terakhir adalah finishing. Bisa dengan pewarnaan atau pemolesan. Intinya pada tahap akhir kerajinan limbah keras dipercantik agar lebih bernilai.


Contoh dan Macam-Macam Kerajinan dari Limbah Keras


1. Tempat Tisu Cangkang Kerang

Kerajinan Limbah Keras, Proses Daur Ulang dan Contohnya
Image Source: insta.orenya.com

Bagi sebagian orang tempat tisu yang biasa saja mungkin akan terasa membosankan, maka tidak ada salahnya mencoba kerajinan limbah keras berupa kotak tisu yang terbuat dari cangkang kerang.

Sebenarnya tidak secara keseluruhan tempat tisunya terbuat dari cangkang kerang, melainkan tempat tisu biasa dihias dengan menggunakan cangkang kerang dengan berbagai ukuran dan bentuk berbeda.

Biasanya hasil kerajinan limbah keras yang satu ini bisa didapatkan sebagai oleh-oleh di tempat wisata tertentu, tepatnya di area sekitar pantai.

2. Guci dari Pecahan Keramik

Kerajinan Limbah Keras, Proses Daur Ulang dan Contohnya
Image Source: brainly.co.id

Umumnya guci terbuat dari keramik, memiliki warna dan berbagai corak indah yang membuatnya banyak digemari dan dikoleksi oleh banyak orang.

Namun, ada juga guci unik yang tidak kalah indah dan menarik, yakni guci yang tersusun dari pecahan keramik.

Pada dasarnya memang masih terbuat dari keramik, tapi bagian luarnya dibuat dengan menyusun susunan pecahan keramik sedemikian rupa dan terlihat seperti mosaik.

Meskipun cukup berbeda dengan guci pada umumnya, tapi jenis kerajinan dari limbah keras yang satu ini cukup unik dan menarik untuk dijadikan koleksi.

3. Bingkai Foto Kerang

Kerajinan Limbah Keras, Proses Daur Ulang dan Contohnya
Image Source: alfikeer.com

Tidak melulu di daur ulang atau dibuang, limbah keramik juga bisa dijadikan sebagai salah satu kerajinan dalam bentuk bingkai foto.

Jika biasanya bingkai foto hanya berbentuk dan berwarna polos, maka kerajinan limbah keras yang satu ini cukup menarik karena dihias menggunakan kerang atau cangkang biota laut kecil lainnya.

Sebenarnya warna asil dari kerang atau cangkang biota laut sendiri sudah cukup menarik, tapi bisa juga misal diwarnai putih seluruhnya.

Kerajinan limbah keras ini memiliki nilai ekonomi dan bisa dijual sebagai oleh-oleh di tempat wisata khususnya daerah pantai.

4. Pajangan Motor dari Tulang Ayam

Kerajinan Limbah Keras, Proses Daur Ulang dan Contohnya
Image Source: strataminiature.wordpress.com

Setelah selesai diolah/dikonsumsi, tentu biasanya tulang ayam dibuang. Namun ada juga yang menjadikan limbah tulang ayam sebagai kerajinan yang memiliki nilai ekonomi/jual.

Limbah keras tulang ayam tersebut secara kreatif disusun dan dibuat menjadi sebuah pajangan sepeda motor.

Sebenarnya tidak hanya bentuk sepeda motor saja, bisa juga menjadi bentuk lainnya sesuai dengan kreatifitas pengrajinnya.

Tentunya pajangan sepeda motor dari tulang ayam tidak biasa, cukup unik dan menarik jika dijadikan koleksi pajangan.

Selain itu, kerajinan ini pun memiliki nilai jual yang cukup menjanjikan.

5. Cangkir Set Batok Kelapa

Image Source: shopee.co.id

Selain buahnya yang memiliki banyak manfaat, batok pada kelapa juga bisa dijadikan kerajinan yang memiliki nilai jual dan bisa digunakan untuk kegunaan sehari-hari.

Salah satu kerajinan dari batok kelapa yang cukup banyak dibuat adalah cangkir set yang terdiri dari dari beberapa cangkir lengkap dengan pocinya.

Cangkir set yang terbuat dari batok kelapa sendiri cukup unik karena umumnya cangkir banyak dibuat dari keramik atau kaca.

Tidak hanya memiliki nilai fungsionalitas, kerajinan dari batok kelapa berupa cangkir set ini pun memiliki nilai jual.

6. Tempat Lilin dari Botol/Limbah Plastik

Kerajinan Limbah Keras, Proses Daur Ulang dan Contohnya
Image Source: sharingconten.com

Siapa sangka limbah botol plastik bisa dijadikan kerajinan yang bisa digunakan untuk tempat lilin dengan bentuk yang menarik seperti bunga.

Bisa menggunakan botol apa saja, mengkombinasikan beberapa botol dengan warna berbeda, menggunting dan menggabungkannya dengan bentuk bunga.

Untuk bagian tengahnya bisa menggunakan pasir kecil, koral kecil, atau kerikil kecil sebagai tempat untuk lilin.

7. Bingkai Cermin dari Sendok Eskrim

Image Source: sharingconten.com

Sendok eskrim tidak hanya bisa digunakan untuk mengonsumsi es krim saja, melainkan juga limbahnya dapat dijadikan kerajinan yang menarik dan aestethic.

Jika memiliki sendok es krim dalam jumlah yang sangat banyak, cermin dengan bentuk lingkaran, maka kalian bisa menghias cermin dengan menggunakan sendok es krip tersebut.

Susun sendok es krim satu-satu mengelilingi bentuk cermin dan berikan variasi susunan agar tidak monoton hanyalingkaran datar saja.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.