Kerajinan Keramik | Mengenal Keramik, Tahap Pembuatan dan Contohnya

Kerajinan keramik banyak diminati oleh penggemar barang pecah belah. Seni keramik sudah dikenal sejak zaman dulu dan sudah sangat mendunia. Bahkan masyarakat China dan Korea telah menekuni seni keramik sejak ribuan tahun sebelum masehi.

Pada mulanya keramik diciptakan untuk kebutuhan rumah tangga dalam bentuk beberapa peralatan rumah. Ini dibuktikan dnegan penemuan-penemuan artefak masa lampau yang berupa guci, bejana, piring, kendi, dan sebagainya.

Seiring dengan perkembangan zaman selain berfungsi sebagai alat kebutuhan rumah tangga, keramik juga digunakan sebagai hiasan untuk mempercantik hunian. Berkat sentuhan seni, barang-barang yang awalnya berupa tanah liat tersebut menjadi barang bernilai tinggi.


Kerajinan Keramik


Aneka ragam bentuk keramik kini dapat dengan mudah ditemui di pasar-pasar kerajinan, toko souvenir, hingga pameran seni. Mulai dari vas bunga, guci, pot, asbak, piring, gelas, teko, mug, dan pernak-pernik lainnya dapat dibeli.

Tak heran bila perkembangan industri keramik semakin pesat, mengingat animo masyarakat terhadap kerajinan keramik kian meningkat. Apalagi bahan baku pembuat keramik terbilang melimpah, tentu permintaan pasar dapat dipenuhi.

Mengenal Keramik

Keraijnan kerammik merupakan hasil karya seni dari bahan baku tanah liat yang melalui proses pembakaran, seperti porselin, genteng, gerabah, dan produk lainnya. Kata keramik diambil dari bahasa Yunani, yakni keramikos yang berarti suatu bentuk dari tanah liat yang mengalami proses pembakaran.

Saat ini, tanah liat tak lagi menjadi satu-satunya bahan dasar pembuat keramik. Disamping tanah liat ada bahan lain, seperti kaolin, air, ball clay, felspard, dan kwarsa. Di pasaran, terdapat dua tipe keramik yang sudah dikenal, yaitu:

1. Keramik dengan lapisan glazur

image source: hisour.com

Ini merupakan jenis keramik yang permukaannya mengkilat. Umumnya dibuat dengan cara melapisi bagian luar gerabah dengan lapisan glazur agar permukaanya tampak mengkilap. Proses pembuatannya membutuhkan pembakaran suhu tinggi guna menghasilkan keramik berkualitas.

2. Keramik tanpa lapisan glazur

image source: justpaint.org

Meskipun tampilannya tidak mengkilap dan cantik, tapi jenis keramik ini lebih kuat. Itu dikarenakan keramik jenis ini lebih tebal dan keras.

Tahapan Pembuatan Keramik

a. Pengolahan bahan

Pengolahan bahan dasar dilakukan menggunakan dua cara, yakni cara kering dan cara basah. Tujuan pengolahan agar bahan baku menjadi material siap pakai untuk pembuatan kerajinan keramik.

b. Pembentukan

Tahap pembentukan berisi pengolahan tanah siap pakai menjadi barang yang diinginkan. Ini meliputi teknik pilin, teknik putar, teknik cetak, dan beberapa teknik pembuatan keramik lainnya.

c. Pengeringan

Setelah dibentuk, tahap berikutnya adalah pengeringan. Dimana pada proses ini keramik dijemur dibawah terik matahari secara langsung sampai kering dan kandungan air di dalamnya menyusut.

d. Pembakaran

Pembakaran termasuk proses inti dari pembuatan kerajinan keramik itu sendiri. Proses pembakaran akan mengubah massa yang rapuh menjadi massa yang padat, keras, dan kuat. Cara membakarnya menggunakan tungku bersuhu tinggi.

e. Penglasiran

Penglasiran merupakan tahap yang dilakukan sebelum melakukan pembakaran glasir. Biasanya keramik dilapisi bahan glasir dengan cara dicelup, dituang, disemprot atau dikuas. Fungsi glasir pada keramik tidak hanya untuk mempercantik, tapi juga agar lebih kedap air.

Alur Proses Pembuatan Kerajinan Keramik

1. Tanah diolah memakai tangan hingga elastis

2. Tanah dibentuk menggunakan teknik-tekni pembuatan keramik hingga menjadi bentuk yang diinginkan.

3. Gerabah atau tembikar dikeringkan selama kurang lebih tiga jam.

4. Setelah kering, gerabah atau tembikar diwarnai atau dilapisi dengan glasir (semacam pewarna untuk tanah liat).

5. Tembikar atau gerabah yang sudah diglasir kemudian dijemur kembali hingga kering. Waktunya sekitar 30 menitan.

6. Gerabah atau tembikar yang telah selesai dijemur pasca penglasiran kemudian dipanggang dalam tungku atau dioven selama kurang lebih delapan jam. Suhunya kira-kira dibawah 1000 derajat celcius.

7. Selanjutnya adalah tahapan finishing yang meliputi proses pengecekan jika ada kecacatan.


Contoh dan Macam-Macam Kerajinan dari Keramik


Vas bunga dan guci merupakan salah satu jenis kerajinan dari keramik yang banyak digemari oleh orang-orang, baik itu digunakan sesuai fungsinya atau dibeli untuk dijadikan sebagai koleksi.

Namun, selain vas bunga ada juga kerajinan dari keramik yang lain, berikut merupakan diantaranya:

1. Tempat Lilin

Kerajinan Keramik | Mengenal Keramik, Tahap Pembuatan dan Contohnya
Image Source: nonagon.style

Umumnya tempat untuk lilin digunakan agar tetesan lilin tidak berceceran kemana-mana dan membersihkannya perlu dikerik.

Namun, kerajinan dari keramik dalam bentuk tempat lilin ini bisa dibuat dengan bentuk yang menyesuaikan desain ruangan sehingga ruangan terlihat lebih aesthetic bahkan instagramable.

Tidak hanya memiliki fungsi sebagai tempat lilin, desainnya pun beragam dapat menyesuaikan dengan ukuran lilin, atau menyelaraskannya dengan desain ruangan.

Selain lilin untuk penerangan, lilin aroma terapi yang umumnya kerap dikoleksi pun juga bisa menggunakan tempat lilin dari keramik untuk mempercantik dekorasi.

2. Pot

Kerajinan Keramik | Mengenal Keramik, Tahap Pembuatan dan Contohnya
Image Source: amazon.ca

Selain terbuat dari plastik, ada juga pot tanaman yang merupakan hasil kerajinan dari keramik. Umumnya pot yang terbuat dari keramik masih terlihat warna aslinya, yakni coklat kemerahan.

Namun, sekarang ini ada juga pot tanaman yang desainnya unik dan memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran.

Cukup berbeda dengan yang masih menggunakan warna asli, pot keramik ada juga yang sudah mempunyai finishing halus dan bahkan ada yang di cat dengan berbagai warna.

Umumnya pot tanaman seperti ini digunakan untuk tanaman hias atau juga kerap digunakan untuk kaktus dan sukulen.

3. Piring Hias

Kerajinan Keramik | Mengenal Keramik, Tahap Pembuatan dan Contohnya
Image Source: tokopedia.com

Kerajinan keramik berupa piring hias selain merupakan barang yang memiliki fungsi sebagai alat makan juga kerap dijadikan sebagai koleksi karena motif dan coraknya yang menarik.

Umumnya piring hias dari keramik yang dijadikan sebagai koleksi mempunyai warna dan corak tertentu yang terlihat unik dan menarik.

Di beberapa negara, piring hias kerap ditemui sebagai souvenir dan bahkan ada beberapa piring hias keramik dengan nilai jual yang tinggi/mahal.

Selain itu ada juga seniman yang membuat piring hias berkesan mewah karena dibuat dengan warna alami yang menarik.

4. Guci

Kerajinan Keramik | Mengenal Keramik, Tahap Pembuatan dan Contohnya
Image Source: shopee.co.id

Kerajinan keramik guji bisa dikatakan merupakan jenis yang paling umum dan sering ditemui dan kerap dijadikan sebagai koleksi bagi sebagian orang.

Pada awalnya guci sendiri memiliki fungsi sebagai tempat bahan makanan, bahkan di daerah tertentu keramik guci masih kerap digunakan untuk melakukan fermentasi atau mengawetkan makanan/minuman.

Namun, sekarang ini guci juga kerap digunakan sebagai hiasan rumah atau sebagai barang koleksi. Hal ini karena beberapa guci dibuat dengan mewah dan memiliki corak serta warna yang unik.

5. Gelas

Image Source: bukalapak.com

Kerajinan keramik dalam bentuk gelas juga bisa dikatakan sebagai salah satu jenis yang sering kali digunakan di rumah.

Ada pengrajin keramik yang membuat gelas dengan warna putih polos, ada juga yang membuatnya dengan aksen dan corak warna yang unik.

Selain itu, kerajinan keramik berbentuk gelas juga ada beberapa yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

6. Cangkir

Image Source: bukalapak.com

Sama seperti gelas, cangkir juga merupakan satu jenis kerajinan keramik yang kerap ditemui dan memiliki fungsi untuk digunakan sehari-hari.

Umumnya cangkir keramik kerap dijual dan ditemukan dalam bentuk satu set dengan pocinya. Bentuknya pun bisa bermacam-macam.

Ada pengrajin yang membuatnya hanya cangkir polos ada juga cangkir dengan berbagai aksen dan corak warna yang unik dan menarik.

7. Asbak

Image Source: indonesian.alibaba.com

Selain gelas dan cangkir, asbak juga menjadi salah satu kerajinan keramik yang juga banyak digunakan, terlebih jika orang yang membelinya merupakan perokok.

Asbak yang terbuat dari keramik memiliki bentuk yang beraneka macam, mulai dari bentuk-bentuk yang unik, yang biasa sampai yang terbilang cukup nyeleneh.

Beberapa asbak yang dibuat dari keramik dilapisi oleh cat untuk menambah nilai keindahan ketika diletakkan di rumah.

8. Tempat Abu Kremasi

Image Source: 1stdibs.com

Tidak semua orang ketika meninggal dunia mayatnya secara utuh dikubur ke dalam tanah, ada yang dikremasi dan abunya ditempatkan di wadah khusus.

Kerajinan keramik lainnya yang juga kerap digunakan adalah tempat abu kremasi, umumnya berbentuk seperti guci kecil yang ada tutupnya.

Untuk kerajinan jenis ini, bentuk, corak atau hiasannnya bisa dipesan sesuai keinginan pembeli untuk menyesuaikan dengan pribadi orang yang meninggal.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.