Kerajinan dari Tanah Liat | Kelebihan, Pengolahan dan Contohnya

Kerajinan dari tanah liat sebenarnya tidak hanya berupa gentong, pot, kuali, dan tungku saja. Ada banyak kerajinan dari tanah lempung yang dapat di kreasikan termasuk juga aksesoris. Perkembangan produk berbahan dasar tanah liat kini semakin kreatif dan inovatif.

Dulu kerajinan dari tanah liat yang berupa pot dan guci hadir dalam bentuk yang sederhana atau polosan saja. Kini pot dan guci sudah bervariasi dengan ditambahkan warna dan berbagai ornamen hiasan untuk mmepercantiknya.

Ornamen-ornamen tersebut juga terbuat dari tanah liat maupun ukiran pada kerajinan dari tanah liat itu sendiri. kreativitas tersebut semakin berkembang hingga produk-produk yang dihasilkan pun semakin berkualitas dan bernilai seni juga ekonomi tinggi.


Kerajinan dari Tanah Liat


Kerajinan dari tanah liat juga sering disebut dengan gerabah. Gerabah sering diidentikkan dengan benda-benda, seperti gentong, pot, kuali, dan tungku. Padahal produk gerabah masih banyak lainnya termasuk asbak, gelas, piring, mangkun, dan lain sebagainya.

Kini kerajinan dari tanah liat tidak hanya berupa perabot atau peralatan rumah tangga saja. Ada pajangan bahkan hingga aksesoris yang terbuat dari tanah liat. Sebut saja pigura dari tanah liat, piala, hingga bros.

Kelebihan Tanah Liat sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Kelebihan tanah liat yang stabil dapat mendorong berkembangnya kerajinan dari tanah liat. Material tanah liat mudah di dapat apalagi dengan kondisi geografis wilayah Indonesia yang banyak terdapat pegunungan.

Beberapa lahan persawahan di Indonesia juga tanahnya kebanyakan mengandung lempung. Tektur tanah berlempung inilah yang membuat tanah liat mudah dikreasikan menjadi beragam kerajinan tangan.

Tanah liat memang mudah dibentuk karena sifat elastisnya. Elastisitas yang dimiliki tanah liat membuat mereka mudah dibentuk dengan bebas seperti halnya mainan lilin atau clay dough anak-anak. Selain itu, harga tanah liat pun terbilang murah.

Untuk mendapatkan tanah liat kita tidak harus membeli bahannya di toko. Cukup cari di lingkungan sekitar, biasanya tanah liat bisa ditemukan di area persawahan maupun perbukitan. Tinggal beli dari pemilik sawah atau menggambilnya dibukit, kita sudah bisa mencoba kreasi tanah liat.

Pembentukan tanah liat dapat dilakukan dengan berbagai macam teknik. Mulai dari teknik pilin, pencet, teknik tempel, cetak, hingga tekni putar. Kemudahan pembentukan menjadikan tanah liat dapat diubah menjadi berbagai bentuk yang unik dan benilai seni.

Harga tanah liat pun terbilang murah, kita tiadk perlu menginpornya untuk mendapat tanah liat yang bagus. Saat keadaan krisis pun pengrajin yang bertumpu pada kekayaan sumber daya alam dalam negeri tetap tahan banting.

Pengolahannya pun hanya membutuhkan teknologi sederhana. Membuat kerajinan dari tanah liat yang berjenis gerabah tidak harus menggunakan teknologi tinggi. Cukup dengan tungku ladang dan tungku terbuka. Pembakarannya bahkan hanya membutuhkan sebuah tabung gas biasa.

Pengolahan Tanah Liat

gambar: youtube.com

Sebelum menjadi tanah yang bisa dikreasikan menjadi kerajinan atau aksesoris, tanah liat perlu diolah terlebih dulu. Pengolahan tanah liat meliputi dua cara, yakni cara basah dan cara kering. Tekniknya pun ada yang tradisional dan ada yang modern.

Proses pengolahan tanah lempung secara basah adalah dengan merendam, menyaring, dan menggilingnya. Biasanya teknik ini digunakan pada tanah yang nantinya akan diolah menjadi kerajinan dari lempung yang dibakar menggunakan suhu tinggi.

Sementara untuk proses pengolahan cara kering tahapannya tidak perlu merendam. Cukup digiling atau diinjak secara manual sambil mencampurkan sedikit air jika terlalu kering atau pasir lembut (wedi) jika terlalu basah.

Proses pengolahan secara manual membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai satu jam untuk tiap 1 kubik lempung. Setelah diolah tanah liat sudah bisa digunakan untuk membuat kerajinan.

Apabila ingin membuat kerajinan dari lempung, seperti aksesoris yang kecil-kecil, kalian tidak membutuhkan piring putar. Cukup dibuat manual dengan tangan. Piring putar biasanya dipakai untuk membuat benda-benda yang agak besar, seperti gelas, piring, gentong, vas, pot, dan lainnya.


Contoh Kerajinan dari Tanah Liat


Banyak contoh hasil kerajinan dari tanah liat, baik itu yang digunakan untuk keperluan sehari-hari atau menjadi salah satu elemen penghias misalnya seperti vas bunga, patung atau minatur.

Penggunaan tanah liat untuk kerajinan memunculkan peluang ekonomi, di mana hasil kerajinan bisa dijual, baik itu secara umum atau dijual dalam bentuk oleh-oleh wisata di daerah tertentu.

Berikut merupakan beberapa contoh kerajinan dari tanah liat:

1. Vas Bunga

Kerajinan dari Tanah Liat | Kelebihan, Pengolahan dan Contohnya
Image Source: indonesian.alibaba.com

Untuk yang satu ini mungkin sudah menjadi hal yang banyak orang tahu kalau vas bunga umumnya banyak yang terbuat dari tanah liat.

Hasil kerajinan yang satu ini sangat memiliki nilai jual dan peluang untuk membuatnya dengan berbagai macam variasi, baik itu bentuk, pola atau corak finishingnya.

Vas bunga sendiri tidak hanya digunakan untuk menempatkan bunga saja, bagi sebagian orang vas bunga merupakan barang koleksi yang cukup berharga.

Jika sudah masuk ranah koleksi tentunya nilai seni, sejarah dan yang lainnya turut menjadi faktor penentu. Bahkan pernah ada vas bunga yang dilelang dengan harga mencapai 8,4 milyar rupiah.

2. Celengan

Kerajinan dari Tanah Liat | Kelebihan, Pengolahan dan Contohnya
Image Source: vivimulya.com

Sebelum masifnya produksi pabrik untuk celengan baik itu yang terbuat dari plastik, atau logam, celengan dari tanah liat merupakan salah satu kerajinan yang banyak digunakan untuk menyimpan uang.

Karena terbuat dari tanah liat, pada proses pembuatannya pun bisa dibuat menjadi berbagai macam bentuk, namun umumnya adalah bentuk binatang seperti ayam, atau macan.

Di kota-kota besar mungkin sudah cukup jarang orang yang menggunakan celengan dari tanah liat, tapi mungkin di daerah-daerah tertentu masih ada yang menjual dan membelinya.

Bahkan mungkin masih ada yang menjadikannya sebagai produk souvenir atau oleh-oleh dari tempat wisata di daerah tertentu.

3. Asbak

Kerajinan dari Tanah Liat | Kelebihan, Pengolahan dan Contohnya
Image Source: tokopedia.com

Asbak merupakan salah satu kerajinan dari tanah liat yang kerap digunakan sehari-hari terutama para perokok atau di rumah yang salah satu anggota keluarganya merokok.

Asbak dari tanah liat pun memiliki nilai ekonomi, selain bentuknya yang bisa dibuat beraneka macam sesuai kreativitas pengrajinnya, asbak juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh atau souvenir.

Jika kalian termasuk orang yang gemar mengoleksi asbak, tentu setidaknya harus mempunyai asbak yang terbuat dari tanah liat ini.

4. Miniatur Hewan

Kerajinan dari Tanah Liat | Kelebihan, Pengolahan dan Contohnya
Image Source: id.aliexpress.com

Barang pajangan ada banyak macamnya dan setiap orang memiliki kesukaan jenis pajangan yang berbeda-beda. Salah satu pajangan yang menarik adalah miniature hewan.

Miniatur hewan sendiri adalah salah satu kerajinan tanah liat yang bisa dibuat dan dikomersilkan. Bergantung pada keterampilan pengrajinnya, minatur bisa saja terlihat sangat detail.

Sesuai namanya, miniature hewan bisa berbagai macam hewan mulai dari badak, kelinci, gajah, kerbau, angsa, serigala, kura-kura dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Patung

Image Source: failfaire.org

Sebagai salah satu hasil kerajinan dari tanah liat, patung tidak hanya dibuat dalam bentuk tokoh figure tertentu, dewa-dewi dari keyakinan tertentu, melainkan juga sebagai salah satu karya seni.

Banyak sekali patung yang dibuat dari tanah liat dengan bentuk yang bermacam, mulai dari yang abstrak sampai yang artistik.

Patung dari tanah liat pun bisa juga dijadikan pajangan baik itu mengisi interior ruangan atau taman. Tidak jarang juga ada patung yang diikutsertakan dalam pameran seni tertentu.

6. Guci

Image Source: belanja.liputan6.com

Guci dari tanah liat merupakan salah satu kerajinan dengan nilai jual yang cukup menjanjikan karena barang ini kerap dijadikan sebagai koleksi atau menambah keindahan interior di dalam rumah.

Kerajinan guci dari tanah liat ini pun memiliki bentuk dan corak yang beragam dan masing-masingnya memiliki ciri khas dan nilai keindahannya tersendiri.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.