Kerajinan dari Pelepah Pisang | Kreasi Unik Memanfaatkan Limbah Alam

Kerajinan dari pelepah pisang banyak ragamnya dan pastinya unik sekaligus bernilai ekonomi. Siapa sangka pelepah pisang yang biasanya dibuang ternyata bisa menghasilkan uang. Banyaknya orang kreatif dan inovatif membuat limbah yang satu ini berubah menjadi cuan.


Kerajinan dari Pelepah Pisang


Pohon pisang yang sudah tidak lagi produktif biasanya ditebang dan bagian batang atau pelepahnya kebanyakan dibuang begitu saja. Padahal pelepah pisang bisa menghasilkan uang jika kita bisa mengolahnya dengan baik.

Keberadaan pelepah pisang memang sangat familier bagi sebagian besar orang terutama mereka yang tinggal di desa. Sayangnya banyak orang yang tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Pemanfaatan pelepah pisang paling hanya sebatas tempat merangkai janur atau tempat menaruh wayang.

Manfaat dari Pelepah Pisang

Belakangan ini sedang viral pelepah pisang di bagian batang pisang atau debong dijadikan makanan ringan. Bahkan keripik dari pelepah pisang sudah banyak dijual di e-commerce. Varian rasanya pun beragam.

Jauh sebelum pelepah pisang viral dijadikan keripik yang lezat, orang-orang kreatif juga telah banyak mempergunakannya untuk kerajinan tangan. Serat dari pelepah pisang yang unik membuat mereka terlihat seperti serat kain saat sudah diolah dan dikeringkan.

Keunikan dari teksturnya itulah yang menginspirasi orang-orang kreatif untuk membuat kerajinan dari pelepah pisang. Berikut ini beberapa kreasi kerajinan dari pelepah pisang dan cara membuatnya.

Proses Pengeringan Pelepah Pisang

Langkah-langkah:

Ambil gedebong pisang yang telah ditebang. Kuliti satu per satu lapisannya. Cuci hingga bersih, lalu jemur di bawah terik matahari. Lama penjemuran berbeda-beda tergantung pada ketebalan masih-masing pelepah dan cuaca.

Perlu diingat! ketika proses penjemuran, saat cuaca sedang tidak bagus atau pada malam hari jangan pernah menumpuk pelepah pisang meskipun sudah hampir kering.

Menumpuk pelepah pisang yang belum benar-benar kering akan mengakibatkan pengembunan yang justru membuat pelepah membusuk. Jadi, pastikan tetap menaruhnya berjejeran satu per satu.


Contoh Kerajinan dari Pelepah Pisang


1. Tas 

sumber gambar: wartaku.id

Alat dan bahan:

1. Pelepah pisang kering

2. Benang kasur

3. Pisau/ cutter

4. Gunting

5. Karton

6. Cat vernish

7. Cat warna untuk finishing

Cara membuat:

Untuk membuat tas dari pelepah pisang sebenarnya sama saja dengan langkah-langkah membuat tas dari bahan lain. Pertama-tama kalian harus membuat pola terlebih dahulu lalu siapkan beberapa lembar pelepah pisang.

Jumlah pelepah pisang yang diguanakn tergantung pada ukuran tas yang ingin dibuat. Sebelum di jahit lapisi pelepah pisang kering dengan vernish agar lebih awet dan mengkilap. Jahit manual menggunakan benang kasur atau bisa juga dnegan mesin jahit.

Jika sudah selesai beri warna pada bagian luar tas. Warna alami pelepah pisang sudah bagus. Tidak memberinya warna akan menambah kesan natural dan klasik pada tas. Tinggal tambahkan hiasa yang diinginkan, seperti pita atau sejenisnya.

2. Sandal 

sumber gambar: rajinlah.id

Alat dan bahan:

1. Pelepah pisang kering

2. Gunting

3. Karton

4. Busa/ spon ati

5. Lem fox

6. Alat jahit sandal/ sepatu

7. Sol bawah

Cara membuat:

Membuat sandal dari pelepah pisang sama saja seperti membuat sandal dari bahan lainnya, seperti batik atau anyaman pandan. Buat pola insol pada katon dengan menjiplak ukuran kaki atau bisa juga mencontoh insol yang sudah ada.

Selanjutnya potong beberapa pelepah pisang sesuai pola yang sudah dibuat. Rekatkan pelepah pisang pada busa ati yang telah dipotong sesuai insol. Lalu lipat bagian pinggiran pelepah pisang yang menjuntai ke bagian bawah insol.

Kembali rekatkan insol yang sudah dilapisi dengan pelepah pisang ke sol bawah yang sudah dipotong sesuai ukuran kaki. Selanjutnya jahit dengan peralatan jahit sepatu agar lebih awet dan kuat.

3. Lukisan

Kerajinan dari Pelepah Pisang | Kreasi Unik Memanfaatkan Limbah Alam
sumber gambar: bukalapak.com

Salah satu kerajinan dari pelepah pisang yang juga memiliki nilai seni adalah lukisan. Berikut merupakan cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Pelepah pisang kering
  • Triplek
  • Bingkai
  • Gunting
  • Lem
  • Cat bening

Cara Membuat:

  1. Pertama siapkan dan gambar pola atau sketsa lukisan terlebih dahulu dan sesuaikan apa saja yang mau digambar. Jika ingin yang mudah bisa dengan melukis pemandangan gunung dan sungai.
  2. Ketika membuat sketsa bisa dengan menggambarnya di kertas terlebih dahulu baru di triplek yang akan dijadikan tempat ditempelnya pelepah pisang atau bisa juga langsung sketsa di triplek.
  3. Selanjutnya gunting dan potong pelepah pisang sesuai dengan pola atau sketsa yang sudah digambar sebelumnya, kemudian rekatkan dengan menggunakan lem.
  4. Lakukan secara berulang sampai semua sketsa tertutupi oleh pelepah pisang. Gelap terang pada sketsa bisa disesuaikan dengan gelap terang yang ada di pelepah pisang.
  5. Kemudian olesi semua lukisan dengan cat bening dengan rapi.
  6. Terakhir, pasangkan frame jika ingin lukisan dipajang atau dijual.

4. Tempat Tisu

Kerajinan dari Pelepah Pisang | Kreasi Unik Memanfaatkan Limbah Alam
sumber gambar: tokopedia.com

Siapa sangka pelepah pisang bisa dibuat menjadi kerajinan tempat tisu? Berikut merupakan cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Pelepah pisang
  • Lem kayu
  • Kardus bekas
  • Gunting
  • Biji-bijian atau dedaunan untuk hiasan

Cara Membuat:

  1. Pertama siapkan kardus bekas (bisa kardus bekas jajanan momogi).
  2. Selanjutnya sayat pelepah pisang dengan sayatan yang tipis dan hati-hati agar tidak ada kesalahan dan justru merusak pelepah pisang.
  3. Keringkan pelepah pisang sampai benar-benar kering dan tidak ada kandungan air yang tersisa di dalamnya
  4. Potong dan rekatkan pelepah pisang pada bagian luar dari kardus bekas yang sudah disiapkan dengan menggunakan lem.
  5. Untuk hiasannya bisa dengan menempelkan biji-bijian atau dedauan tertentu agar tempat tisu terlihat lebih indah.

5. Tempat Pensil

Kerajinan dari Pelepah Pisang | Kreasi Unik Memanfaatkan Limbah Alam
sumber gambar: kesekolah.com

Tempat pensil untuk meja belajar juga bisa dibuat sebagai kerajinan dari pelepah pisang, berikut cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Pelepah pisang kering
  • Kertas karton, karton board atau kaleng bekas
  • Gunting
  • Lem
  • Biji-bijian untuk hiasan
  • Benang wol cokelat

Cara Membuat

  1. Bentuk karton board sesuai dengan bentuk tempat pensil yang diinginkan, bisa persegi panjang atau lingkaran seperti tabung. Untuk lingkaran seperti tabung jika ingin mudah bisa dengan menggunakan kaleng bekas.
  2. Jika karton board dibentuk menjadi kotak persegi panjang, maka siapkan juga potongan ukuran kotak dan lem pada bagian bawahnya.
  3. Selanjutnya gunting atau potong pelepah pisang dan sesuaikan agar bisa dililitkan pada permukaan luar tempat pensil dan rekatkan menggunakan lem.
  4. Untuk memberikan sedikit hiasan, lilitkan benang wol berwarna cokelat pada bagian bawah 3 lilitan dan bagian atas 3 lilitan juga.
  5. Jika ingin hiasan lainnya bisa dengan menempelkan biji-bijian yang sudah disiapkan sebelumnya
  6. Terakhir tempat pensil pelepah pisang siap digunakan.

6. Bunga

Kerajinan dari Pelepah Pisang | Kreasi Unik Memanfaatkan Limbah Alam
romadecade.org

Tidak hanya kulit jagung saja yang bisa dibuat kerajinan menjadi bunga, pelepah pisang pun juga bisa dibuat kerajinan bunga, berikut merupakan caranya:

Alat dan Bahan:

  • Pelepah pisang kering
  • Kawat
  • Kertas kreps warna hijau
  • Penggaris
  • Gunting
  • Pulpen
  • Staples untuk merekatkan antar kelopak bunga

Cara Membuat:

  1. Pertama, buat atau gambar terlebih dahulu pola mahkota bunga dengan bentuk segitiga di pelepah pisang kering dengan pulpen.
  2. Gunting pola yang sudah digambar tersebut menggunakan gunting yang tajam agar hasil potongan rapih.
  3. Ambil kawat atau lidi untuk tangkai bunga dan letakkan di tengah pola dan bentuk pola segitia yang sudah digunting sampai berbentuk kerucut.
  4. Gambar lagi 5 pola berbentuk oval di pelepah pisang kering untuk kelopak bunganya dan gunting satu persatu.
  5. Siapkan lidi yang sudah dililit dengan pola segitiga, ambil 1 pola bentuk oval yang dilekukan, ujung pola oval dan luar kerucut tempelkan dengan staples.
  6. Lakukan dengan pola oval lainnya sampai membentuk bunga.
  7. Terakhir tambahkan daun dengan menggunting kertas kreps berwarna hijau dengan bentuk daun dan tempelkan pada tangkai bunga.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.