Kerajinan dari Logam, Teknik dalam Proses Pembuatan dan Contohnya

Kerajinan dari logam identik dengan kreasi kerajinan tangan yang berbahan dasar metal. Padahal dalam ilmu sains, logam tidak melulu benda padat atau sejenis benda metal saja. Di dalam dunia sains, dikenal dengan logam cair dan ada pula logam padat juga logam keras maupun lunak.

Kebanyakan orang mengartikan kerajinan metal sebagai kerajinan logam. Biasanya kerajinan ini meliputi kerajinan dari besi, seng, alumunium, baja, perak, platina, timah, dan sejenisnya. Bahkan emas yang termasuk logam mulia, terkadang tidak termasuk pada kategori kerajinan logam, tapi perhiasan.

Padahal emas juga termasuk jenis logam hanya saja ia tergolong logam mulia karena harganya yang mahal. Memang kerajinan dari logam mulia emas, kebanyakan berupa perhiasan. Sangat jarang ada kerajinan dari emas yang berukuran besar dikarenakan bahan baku dan harganya.


Kerajinan dari Logam


Berbeda dengan emas beberapa logam lain, seperti perak, platina, besi, timah, tembaga, dan baja kerap dibuat bahan kreasi kerajinan yang berukuran besar. Ada pajangan, gantungan kunci, peralatan makan, hingga perabot rumah tangga.

Tentunya industri kerajinan logam bukanlah sebuah usaha atau bisnis yang dijalankan hanya untuk hobi semata. Biasanya kerajinan dari logam dibuat untuk keperluan bisnis atau diperjual-belikan. Hal itu dikarenakan biaya bahan baku serta produksinya yang mahal.

Teknik-Teknik dalam Pembuatan Kerajinan dari Logam

Pada seni kriya logam dikenal beberapa teknik yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan dari logam. Masing-masing logam membutuhkan treatment yang berbeda-beda, untuk itu proses pembuatannya pun berbeda-beda.

Teknik Trap-trapan

Trap-trapan merupakan teknik penyusunan kawat atau benang yang biasa digunakan untuk kerajinan dari logam berbahan perak. Dibuat pada bentuk tertutup sebagai kerangka produk. Kawat benang yang lebih tipis ukurannya digunakan sebagai ornamen hiasnya.

Teknik Las

Sepertinya teknik yang satu ini sudah cukup populer dikalangan masyarakat bahkan orang awam sekalipun. Pengelasan merupakan teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa logam tambahan.

Hasilnya berupa logam yang tersambung. Biasanya digunakan untuk membuat kerangka kerajinan berbahan besi atau tembaga.

Teknik Drag

Pembuatan kerajinan tangan dari logam ada juga yang prosesnya dengan mencetak. Cetakan terdiri dari kup dan drag. Dimana kup adalah cetakan bagian atas sedangkan drag merupakan cetakan bagian bawah.

Rangka cetakan dapat terbuat dari bahan kayu maupun logam untuk memadatkan pasir cetak yang sebelumnya telah diisi pola di dalamnya. Karena sistemnya mirip pengecoran, maka dibutuhkan dua buah rangka cetak kup dan drag.

Teknik Grafir

Apa yang dimaksud dengan teknik grafir adalah membuat cetakan objek dari pelat logam yang didesain dengan alat potong. Alat potongnya disebut dengan burin. Umumnya teknik ini digunakan untuk kerajinan tembaga. Sehingga sering disebut juga sebagai pengukiran pelat tembaga.

Teknik Cor

Pengecoran logam merupakan suatu teknik pembuatan benda dengan mencairkan logam melalui proses peleburan. Kemudian dicetak hingga menghasilkan produk yang diinginkan. Pengecoran termasuk di dalamnya proses penuangan material logam cair, biasanya alumunium ke dalam cetakan.

Teknik Tempa

Istilah tempa menempa logam sepertinya sudah tidak asing lagi. kebanyakan kerajinan dari logam menerapkan teknik tempa pada proses pembuatannya. Caranya dnegan dipanaskan pada suhu tinggi, lalu ditempa hingga mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Keunggulan dari teknik ini adalah mampu menghasilkan produk yang kuat dan tangguh. Tak heran jika pada jaman dahulu banyak pandai besi atau tukang tempa.

Teknik Etsa

Etsa merupakan proses pengikisan bagian permukaan logam tanpa pelindung apapun untuk menciptakan motif atau corak pada permukaan logam. Pengikisan dilakukan menggunakan cairan asam kuat.

Teknik Pahatan

Di dalam teknik pahatan ada beberapa subteknik yang biasa digunakan untuk pembuatan kerajinan dari logam. Beberapa diantaranya adalah:

Pahatan rancapan atau gethakan, pahatan wudulan atau timbul, pahatan endak-endakan, pahatan tembus atau krancangan, dan pahatan tekan atau sodetan. Itulah beberapa teknik memahat dalam seni kriya logam.


Contoh dan Macam-Macam Kerajinan dari Logam


Jika berbicara mengenai logam tentunya banyak sekali kerajinan yang menggunakan logam sebagai bahannya.

Tidak hanya sering atau mudah dijumpai tapi juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan beberapa contohnya:

1. Alat Makan

Kerajinan dari Logam, Teknik dalam Proses Pembuatan dan Contohnya
Image Source: shopee.co.id

Salah satu kerajinan dari logam yang kerap digunakan sehari-hari adalah alat makan, yakni sendok dan garpu.

Umumnya sendok dan garpu dibuat menggunakan logam, meski ada beberapa jenis yang menggunakan plastik sebagai bahannya.

Alat makan yang terbuat dari logam biasanya cenderung lebih digemari karena lebih kuat jika untuk memotong sedikit bagian makanan, lebih tahan lama dan juga aman digunakan.

Selain fungsinya yang kerap digunakan sehari-hari, terdapat juga beberapa model atau variasi alat makan, ada yang bentuknya sederhana, ada yang memiliki pola tertentu, bahkan ada yang terlihat mewah.

2. Uang Koin

Image Source: manado.tribunnews.com

Selanjutnya kerajinan dari logam yang sangat mudah ditemui dan kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah uang logam.

Uang logam biasanya digunakan untuk uang dengan pecahan nilai yang lebih kecil dan jika melakukan pembayaran, maka tidak jarang ada kembalian yang menggunakan uang logam.

Di Indonesia sendiri sekarang ini uang logam tersedia mulai dari Rp 100, Rp 200, Rp 500 dan Rp 1000, di mana tiap jenisnya memiliki tampilan yang berbeda-beda.

3. Kriya Logam Tiga Dimensi

Image Source: selasar.com

Selain dalam bentuk benda yang memiliki fungsionalitas dan digunakan dalam kegiatan sehari-hari, logam juga bisa menjadi bahan dari kriya/kerajinan dengan keindahan seni.

Bentuknya pun bermacam-macam sesuai dengan apa yang dibuat oleh pengrajinnya atau bisa juga sesuai permintaan pembeli jika pengrajin menyanggupi untuk membuatnya.

Kerajinan logam yang satu ini tidak hanya membutuhkan kreativitas, tapi juga keterampilan, dan ketelitian.

Hasil kerajinannya pun memiliki nilai jual yang bisa dijual untuk mendapatkan keuntungan.

4. Patung Logam

Kerajinan dari Logam, Teknik dalam Proses Pembuatan dan Contohnya
Image Source: pxhere.com

Patung logam merupakan jenis kerajinan yang juga banyak dibuat baik itu untuk dijadikan tugu, dibuat dalam bentuk binatang, tumbuhan, atau tokoh-tokoh tertentu.

Bahan untuk membuat patung logam pun bisa bermacam-macam, ada yang dari perak dan besi, ada yang menggunakan bahan perunggu, tembaga dan bahkan ada juga yang menggunakan emas.

Patung besi juga kerap dan senantiasa ada di tempat peribadatan ummat Buddha di wihara-wiharanya sebagai patung Buddha.

Kerajinan patung yang terbuat dari logam umumnya lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan yang terbuat dari kayu atau tanah liat.

5. Alat Musik

Kerajinan dari Logam, Teknik dalam Proses Pembuatan dan Contohnya
Image Source: pixabay.com

Kerajinan dari logam lainnya yang kerap ditemui sehari-hari adalah alat musik, misalnya seperti terompet, senar gitar, sebagian part dari drum, clarinet, senar biola dll.

Sebagian besar alat music merupakan kombinasi dari beberapa bahan yang tersusun menjadi kesatuan, misalnya seperti gitar, yang badannya tidak terbuat dari logam.

6. Pisau, Panci, Dll

Kerajinan dari Logam, Teknik dalam Proses Pembuatan dan Contohnya
Image Source: shutterstock.com

Selain alat makan seperti sendok dan garpu, adalagi kerajinan lainnya yang terbuat dari logam dan digunakan untuk keperluan dapur, yakni pisau.

Ada pisau yang mulai dari gagangnya sampai mata pisaunya dibuat dari logam, ada juga yang menggunakan perpaduan seperti mata pisau dari logam dan pegangannya dari kayu/plastik.

Sebenarnya selain pisau beberapa alat masak lain juga dibuat dengan menggunakan logam, misalnya seperti wajan, panci, spatula atau yang lainnya.

7. Miniatur Kendaraan

Kerajinan dari Logam, Teknik dalam Proses Pembuatan dan Contohnya
Image Source: pixnio.com

Miniatur kendaraan mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu kerajinan logam yang dibuat dengan kreatif dan keterampilan tertentu serta bernilai seni.

Biasanya kerajinan logam jenis ini dibuat untuk dijadikan sebagai pajangan di lemari pajangan atau sebagai koleksi.

Bentuknya pun bisa bermacam-macam tergantung pengrajin yang membuatnya, salah satunya adalah berbentuk miniature kendaraan.

Jenis kendaraan yang dijadikan minaturnya pun juga beragam dan kerajinan jenis ini memiliki nilai ekonomi serta dapat dijadikan sebagai souvenir atau oleh-oleh tempat wisata di daerah tertentu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.