Kerajinan dari Kayu | Beragam Limbah Kayu dan Kreasi Kerajinannya

Kerajinan dari kayu bisa dibuat dari limbah kayu sisa-sisa bangunan atau industri mebel. Bisa juga dibuat dari kayu utuh yang masih baru jika memang ingin menekuni bisnis kerajinan dari kayu. Bagi para pemula lebih baik memakai limbah kayu terlebih dulu sebagai percobaan.

Industri pengolahan kayu, mebel, perabotan berbahan kayu, serta situs bangunan pasti menghasilkan limbah kayu. Limbah tersebut biasanya berupa sisa-sisa potongan, serpihan, dan bubuk kayu. Limbah kayu tersebut, seringnya hanya berakhir sebagai kayu bakar atau dibuang begitu saja.


Kerajinan dari Kayu


Tentu membuang sisa atau limbah kayu bukan menjadi hal yang sia-sia bagi orang awam. Bagi orang kreatif, membuang limbah kayu adalah hal yang disayangkan. Ditangan orang kreatif limbah kayu tersebut bisa ‘berubah’ menjadi cuan.

Selain tidak memerlukan modal yang besar, usaha kreatif berbahan dasar kayu ini akan tetap terjaga ketersediaannya selama industri pengolahan kayu, mebel, dan bangunan tetap ada. Kesempatan seperti ini tentu tidak bisa dilewatkan bagi mereka yang ingin memulai bisnis ini.

Manfaat Limbah Kayu

Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah temasuk salah satunya adalah kayu. Hutan-hutan di Indonesia cukup banyak dan luas yang ditumbuhi oleh pohon besar. Pohon-pohon di hutan tersebut sebagian dimanfaatkan kayunya.

Kayu dimanfaatkan antara lain sebagai kayu bakar, bahan bangunan, hingga perabot rumah tangga. Bahkan sampai limbahnya pun dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Dampak pemanfaatan tersebut tak lepas dari keberadaan industri pengolahan kayu.

Pemanfaatan kayu harus disesuaikan dengan sifat-sifat yang ada pada kayu dan juga persyaratan teknis yang diperlukan. Sebagai contoh, kayu yang akan dimanfaatkan untuk bahan bangunan haruslah dipilih yang memiliki sifat kuat, keras, dan awet.

Sementara kayu yang akan dimanfaatkan untuk kerajinan, seperti patung dan ukiran haruslah memiliki sifat yang berserat lurus, tekstur halus, berwarna gelap, dan liat. Contohnya kayu jati, sonokeling, melur, cempaka, dan eboni.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan jika ingin mengolah kayu haruslah memiliki pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan tentang kayu. Meski begitu, orang awam juga dapat membuat kerajinan dari kayu karena banyak limbah kayu yang bisa dimanfaatkan.

Kerajinan dari Wood Pulp

sumber gambar: bibitbunga.com

Siapa bilang bubuk kayu tidak bisa dijadikan kerajinan tangan. Limbah berupa bubuk kayu bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya adalah media tanam. Kebanyakan orang memanfaatkan serbuk kayu untuk dijadikan media tanam jamur.

Ada cara lain untuk membuat serbuk kayu memiliki nilai jual sekaligus nilai edukatif bagi anak-anak. Caranya adalah dengan mengkreasikannya menjadi boneka horta.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat boneka horta juga cukup sederhana. Selain bubuk kayu, bahan lain yang diperlukan adalah stoking bekas, biji rumput gandum, karet gelang, lem serbaguna, kain flanel, pita, dan mata boneka.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Hanya perlu memasukkan biji rumput gandum kemudian serbuk kayu lalu diikat. Kreasikan menjadi boneka horta dengan mengikatnya menjadi dua bagian dengan karet lalu hiasi dengan pita dan aksesoris lainnya.

Kreasi dari Serutannya

Kreasi dari serutan kayu biasanya menghasilkan kerajinan tangan berupa pajangan seperti bunga dan daun atau bisa juga dijadikan gantungan kunci. Proses pembuatannya juga cukup mudah. Kalian hanya perlu melemaskan serutan kayu dengan cara direndam di air panas.

Perendaman bertujuan agar kayu lebih mudah dibentuk. Setelah direndah kayu bisa dibentuk menjadi bungan atau bentuk lainnya sesuai keinginan. Keringkan hingga benar-benar kering selanjutnya diberi warna.

Kerajinan dari Wood Block

sumber gambar: finance.detik.com

Potongan-potongan kayu sisa industri dan bangunan bisa dimanfaatkan sebagai hiasan atau pajangan berupa minuatur motor, mobil, dan sebagainya. Tentu dalam proses pengolahan limbah yang satu ini diperlukan kertampilan memahat kayu.

Alat yang dubutuhkan juga cukup banyak, seperti gergaji, bor, ampelas, cat semprot, hingga vernis. Dibutuhkan juga bahan tambahan, seperti bambu apus hingga melamin. Dalam membuat kerajinan dari kayu yang satu ini sangat diperlukan ketelitian, ketrampilan, kreativitas, dan keahlian.


Contoh Kerajinan dari Kayu


Bisa dikatakan kayu merupakan bahan yang bisa dijadikan sebagai berbagai macam jenis kerajinan, mulai dari yang digunakan sehari-hari, atau untuk keperluan hiasan, pajangan dll.

Berbagai macam kerajinan dari kayu pun memiliki nilai jual dan pasarnya sendiri. Berikut merupakan beberapa kerajinan dari kayu:

1. Casing Smartphone

Kerajinan dari Kayu | Beragam Limbah Kayu dan Kreasi Kerajinannya
Image Source: dhgate.com

Seiring dengan perkembangan zaman di mana banyak smartphone sekarang ini banyak pengrajin yang memanfaatkan momen untuk membuat kerajinan casing smartphone dari kayu.

Jika biasanya casing terbuat dari bahan plastik, karet, atau bahkan leather, kerajinan kayu casing smartphone sangatlah unik karena bahannya terbuat dari kayu.

Casing pun tidak hanya semata memanfaatkan warna dasar dan corak alami dari kayu saja, ada juga yang membuat ukiran-ukiran atau pola tertentu pada desainnya.

Untuk lebih menarik lagi, casing kayu pun bisa digabungkan atau dikombinasikan dengan bahan karet untuk sisi pinggirannya.

2. Vas Bunga

Kerajinan dari Kayu | Beragam Limbah Kayu dan Kreasi Kerajinannya
Image Source: shopee.co.id

Kerajinan kayu berupa vas bunga juga merupakan salah satu yang digemari oleh banyak orang, terlebih vas bunga kayu ini memiliki kesan yang alami dan natural.

Misal ada rumah yang menggunakan desain minimalis dengan aksen cokelat, maka vas bunga kayu pun bisa menjadi bagian elemen desain pada ruangan rumah tersebut.

Tidak hanya itu saja, jika sesuai dengan desain ruangannya pun, vas bunga dari kayu ini bisa menambah kesan aestetic dan membuat ruangan rumah cukup instagramable.

3. Jam Tangan

Kerajinan dari Kayu | Beragam Limbah Kayu dan Kreasi Kerajinannya
Image Source: instagram.com/hand2craft

Produsen jam tangan lokal bisa dikatakan sudah cukup banyak yang mengeluarkan produk jam tangannya yang memanfaatkan kayu sebagai bagian dari produknya.

Jam tangan kayu ini bisa dikatakan sangat unik dan bahkan menjadi incaran orang-orang yang mencari kerajinan kayu untuk menambah koleksi barangnya.

Meskipun sebagian besar terbuat dari kayu, tapi jam tangan kayu ini tidak kalah modis dengan jam tangan mahal pada umumnya.

Harga yang ditawarkan untuk jam tangan kayu cukup beragam yakni berkisar antara Rp 300 ribuan sampai belasan juta rupiah.

4. Backdrop Dasar Lamaran Pernikahan

Kerajinan dari Kayu | Beragam Limbah Kayu dan Kreasi Kerajinannya
Image Source: shopee.co.id

Semakin ke sini, lamaran pernikahan tidak hanya sebatas proses melamar saja namun juga menjadi salah satu momen berharga yang harus diabadikan dengan bagus.

Beberapa tahun belakangan mulai muncul tren lamaran dengan backdrop kayu dan hiasannya yang membuat momen lamaran dapat diabadikan secara indah, bagus dan aestetik.

Kerajinan backdrop kayu ini pun pada akhirnya banyak digunakan pada acara-acara lamaran, atau bahkan sekaligus pada momen pernikahannya.

5. Gantungan Kunci

Kerajinan dari Kayu | Beragam Limbah Kayu dan Kreasi Kerajinannya
Image Source: shopee.co.id

Kerajinan kayu dalam bentuk gantungan kunci mungkin bisa dikatakan sudah sangat umum ada, bahkan sudah dari lama, namun tetap tidak lekang oleh zaman.

Gantungan kuci hasil kerajinan dari kayu bisa dibentuk dengan berbagai macam bentuk dan dijadikan sebagai souvenir atau oleh-oleh di tempat/daerah wisata tertentu.

Selain sebagai souvenir, kreasi dari kerajinan gantungan kunci juga beragam, bisa juga dibuat desain dengan nama, nama pasangan, kata bijak, kaligrafi, siluet, dll.

Ada juga yang berbentuk seperti miniature kendaraan, wayang dan hewan-hewanan.

6. Patung

Image Source: goodbalidrivers.com

Patung juga merupakan salah satu hasil dari kerajinan kayu yang banyak beredar dan digemari oleh banyak orang.

Bentuk patung kayu yang dibuat pun bisa bermacam-macam, mulai dari wayang, buddha, binatan-binatang, tokoh orang, atau bahkan dalam bentuk karya seni yang tidak realistis.

Dalam bentuk tertentu, patung kayu menjadi incaran para kolektor.

7. Alat Makan

Image Source: womanblitz.com

Jika biasanya alat makan dibuat dari logam untuk sendik dan garpu, keramik/kaca untuk piring dan mangkoknya, namun ada juga alat makan hasil dari kerajinan kayu.

Kerajinan kayu berupa alat makan ini pun sangat unik, berkesan alami dan selain untuk digunakan, bisa juga dijadikan sebagai koleksi atau pajangan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.