Kerajinan dari Kaleng | Kreasi Unik dan Simple dari Kaleng Bekas

Kerajinan dari kaleng cukup mudah membuatnya dan banyak juga kreasinya. Banyak sekali jenis kaleng bekas yang bisa dikreasikan atau dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan. Misalnya saja kaleng susu, kaleng biskuit, hingga kaleng bekas minuman.

Ketimbang dipakai lagi sebagai toples makanan lain yang diluar ekspektasi, seperti kaleng kue diisi rengginang atau dibiarkan menumpuk saja di gudang akan lebih baik dikreasikan. Membuat kreasi dari kaleng hanya membutuhkan modal kreativitas saja untuk menghasilkan produk yang bagus.


Kerajinan dari Kaleng


Untuk mengkreasikan kaleng bekas menjadi kerajinan tangan yang unik dan menarik ada beberapa peralatan yang mungkin kamu butuhkan. Tidak seperti plastik atau kertas bekas yang mungkin hanya memerlukan gunting dan cutter sebagai pemotong, kaleng membutuhkan peralatan ekstra.

Misalnya saja bor untuk melubangi atau paku dan palu sebagai gantinya jika tidak ada bor di rumah. Untuk memotong bagian kaleng kalian mungkin juga membutuhkan gergaji besi kecil atau gunting seng. Jadi sebelum membuat kerajinan dari kaleng, pastikan kalian memiliki peralatan yang memadai.

Ragam Kreasi 

1. Tutup Lampu Hias Kaleng

gambar: facebook.com

Terkadang kita ingin mempercantik ruangan dnegan lampu hias, tapi budget untuk membeli banyak lampu hias terbatas. Kalian tak perlu lagi khawatir bila ingin memiliki lampu hias. Buat saja tutup lampu dari kaleng bekas susu.

Kaleng bekas susu dipilih karena biasanya memiliki motif ulir pada badan kaleng sehingga nantinya akan mempercantik hasilnya. Kreasi tutup lampu hias semacam ini selain memiliki nilai guna juga memiliki nilai seni dan ekonomis yang tinggi.

Untuk membuat kreasi seperti ini kalian perlu menyiapkan bor dan juga alat ukir kaleng. Apabila kalian ingin membuatnya sebagai peluang bisnis, membeli bor listrik dan alat ukir tidak akan terlalu mahal. Keuntungan yang di dapat dari penjualan akan menutupi biaya pembelian bor.

Alat dan Bahan

1) Kaleng bekas

2) Lampu bohlam

3) Saklar lampu hias

4) Kabel

5) Bor

6) Alat ukir kaleng

7) Cat

8) Spidol

Cara membuat:

1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Cuci kaleng terlebih dahulu dan langsung keringkan sampai benar-benar kering dnegan kanebo atau lap. Jangan dijemur dibawah sinar matahari karena justru akan menimbulkan karat.

2. Ukir kaleng yang sudah bersih dengan bantuan alat ukir. Tahap ini mungkin membutuhkan keahlian khusus. Kalian juga bisa menggunakan bor dan asal melubangi hingga membentuk pola tertentu.

3. Beri warna dengan menggunakan cat agar kaleng terlihat lebih menarik.

4. Buat lubang tempat masuknya kabel atau saklar dibagian bawah atau bagian atas kaleng (jika kalengnya digantung).

5. Siapkan bohlam dan kabel sambungannya atau saklar lampu hias.

6. Masukkan bohlam dan kabel sambungannya ke dalam kaleng dan hubungkan dnegan saklar.

2. Tempat Tisu dari Kaleng

gambar ilustrasi: womantalk.com

Sudah banyak kreasi kerajinan tempat tisu yang dibuat dari berbagai bahan termasuk salah satunya kaleng bekas. Meski tampak sederhana, tempat tisu yang terbuat dari kaleng tetap membutuhkan kreativitas yang cukup tinggi.

Apalagi jika ditambahi gambar. Gambar pada kaleng yang kalian bubuhkan akan mempengaruhi hasil akhir tampilan tempat tisu. Berikut ini alat dan bahan serta cara membuat kaleng tempat tisu.

Alat dan bahan:

1) Kaleng bekas

2) Cat dan kuas

3) Bor

4) Amplas

5) Palu

6) Pisau kecil

Cara membuat:

1. Bersihkan kaleng terlebih dulu hingga benar-benar bersih dan kering.

2. Buat pola lingkaran pada bagian tutup kaleng kemudian lubangi bagian tutup kaleng dengan menggunakan bor atau pisau yang dipalu.

3. Haluskan dnegan menggunakan amplas lubang untuk menggambil tisu tadi.

4. Berikan warna dan hiasan menggunakan cat agar lebih menarik.

5. Tempat tisu dari kaleng bekas siap digunakan. Bisa untuk tisu gulung maupun facial tisu.

3. Pot Tanaman

Kerajinan dari Kaleng | Kreasi Unik dan Simple dari Kaleng Bekas
Image Source: blogcampduan.blogspot.com

Salah satu pemanfaatan kaleng yang dijadikan kerajinan adalah menjadi pot tanaman. Pot tanaman hasil kerajinan dari kaleng sendiri memang cukup mudah dibuat.

Selain memanfaatkan kaleng bekas, bisa juga menghiasnya agar pot terlihat lebih indah. Berikut merupakan cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Kaleng bekas
  • Paku
  • Palu
  • Cat
  • Media tanam
  • Tanaman

Cara Membuat:

  1. Pertama siapkan kaleng bekas yang akan dijadikan pot tanaman.
  2. Lubangi bagian bawahnya menggunakan paku dan palu agar ketika tanaman disiram air, air tidak menggenang di dalam pot.
  3. Jika ingin menghiasnya, bisa mengecatnya dengan memberi warna dasar terlebih dahulu, kemudian baru buat pola atau corak apapun sesuai keinginan dan kreatifitas.
  4. Tunggu sampai cat benar-benar kering.
  5. Masukkan tanah/media tanam ke dalam kaleng, dan letakkan tanaman yang ingin dimasukkan ke dalam pot tanaman kaleng tersebut.
  6. Terakhir, letakkan pot tanaman sesuai keinginan.

4. Tempat Alat Tulis

Kerajinan dari Kaleng | Kreasi Unik dan Simple dari Kaleng Bekas
Image Source: upcycledtreasures.com

Tempat alat tulis merupakan kerajinan dari kaleng yang berguna untuk mengorganisir alat tulis seperti pensil, pulpen dan yang lainnya agar lebih rapi di meja kerja/belajar.

Membuat kerajinan tempat alat tulis dari kaleng juga tidak sulit dan dapat dihias sesuai keinginan dan kreatifitas pembuatnya. Berikut merupakan cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Kaleng bekas
  • Cat

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan kaleng yang akan digunakan sebagai tempat alat tulis. Jika ingin membuat satu, satu kaleng saja cukup. Jika ingin membuat beberapa, bisa dengan ukuran sama atau berbeda.
  2. Cuci kaleng sampai bersih dan keringkan.
  3. Hias kaleng menggunakan cat, berikan warna dasar, lalu tambahkan pola, corak atau gambar tertentu sesuai keinginan.
  4. Selain cat, bisa juga menghiasnya dengan melilitkan benang wol untuk menutupi seluruh bagian luar dari kaleng, kertas kado, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  5. Terakhir, tempat alat tulis siap digunakan.

5. Vas Bunga

Kerajinan dari Kaleng | Kreasi Unik dan Simple dari Kaleng Bekas
Image Source: feltmagnet.com

Tidak hanya dijadikan kerajinan dalam bentuk pot tanaman saja, kaleng pun bisa dibuat menjadi kerajinan dalam bentuk vas bunga yang dapat menambah keindahan ruangan.

Vas bunga dari kaleng ini pun tidak kalah bagusnya dengan vas bunga lain, terlebih kalian juga menghiasnya sesuai keinginan. Berikut merupakan cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Kaleng bekas
  • Cat
  • Kertas kado (opsional)
  • Kancing baju (opsional)
  • Benang wol (opsional)
  • Lem

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan kaleng, karena akan dijadikan vas bunga, lebih baik kaleng bekas yang digunakan memiliki ukuran yang agak panjang.
  2. Cuci bersih kaleng lalu keringkan.
  3. Jika sudah kering warnai kaleng dengan warna dasar menggunakan cat.
  4. Untuk menambah keindahan vas bunga bisa juga dengan menempelkan kancing baju seperti contoh gambar di atas.
  5. Opsi lain yang bisa digunakan melapisi bagian luar kaleng dengan kertas kado, atau melilitkannya dengan benang wol.
  6. Terakhir, vas bunga siap digunakan.

6. Pot Gantung

Kerajinan dari Kaleng | Kreasi Unik dan Simple dari Kaleng Bekas
Image Source: homebnc.com

Selain digunakan sebagai pot tanaman yang diletakkan di bawah, kaleng juga bisa dibuat menjadi kerajinan dalam bentuk pot tanaman gantung.

Cara membuatnya pun cukup mudah dan bahan yang diperlukan juga tidak banyak. Berikut merupakan cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Kaleng bekas
  • Cat
  • Tali/benang
  • Paku dan palu

Cara membuat

  1. Pertama, siapkan kaleng dan lubangi bagian bawahnya menggunakan paku dan palu agar air tidak mengambang di dalam pot.
  2. Jika ingin menghiasnya bisa dengan mewarnai bagian luar kaleng dengan cat.
  3. Siapkan tanah dan tanaman yang ingin diletakkan di pot.
  4. Gunakan tali untuk menggantuk pot tanaman.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.