Kerajinan dari Kaca | Industri, Pengrajinnya di Indonesia dan Contohnya

Kerajinan dari kaca mungkin lebih sepi peminatnya dibanding dengan kerajinan dari bahan lainnya. Itu dikarenakan kerajinan dari kaca mudah pecah sehingga peminatnya tidak sebanyak kerajinan lain dari barang yang bukan pecah belah.

Meski begitu, peminat kerajinan dari kaca juga tidak sedikit. Apalagi mereka yang memang hobi untuk mengoleksi kerajinan dari kaca. Mereka yang hobi mengoleksi kerajinan dari kaca menganggap barang-barang dari kaca sangat cantik dan elegan.


Kerajinan dari Kaca


Beberapa kerajinan dari kaca memang berharga tinggi karena proses pembuatan serta peralatan yang dibutuhkan juga tidak sederhana. Itulah mengapa kolektor barang dari kaca menyukai kerajinan ini karena terlihat lebih prestige.

Kaca merupakan material bening dan transparan yang dihasilkan dari bahan silika. Meski terlihat bening, tapi kaca merupakan bahan yang padat. Sudah sejak ribuan tahun yang lalu kaca digunakan oleh manusia. Dulunya kaca digunakan sebagai kemasan barang tembikan dan benda lainnya.

Kemudian perkembangannya menjadi berbagai macam produk, seperti peralatan makan, perkakas rumah tangga, pelengkap interior rumah, hingga bahan untuk alat optik. Saat ini kaca sudah berkembang lagi menjadi produk kerajinan dan barang seni yang bernilai tinggi.

Kaca merupakan material yang unik. Mereka keras seperti benda padat, tapi juga bening atau transparan layaknya benda cair. Keunikan ini yang menarik minat para pengrajin kerajinan tangan mengolah kaca menjadi barang seni.

Industri Kaca

Barang barang dari kaca biasanya dihindari karena mudah pecah. Pecahan kaca bisa saja melukai siapapun yang tak sengaja menginjak atau memegangnya. Lain halnya di tangan para pengrajin kaca yang kreatif. Mereka akan mengubah pecahan kaca menjadi benda bernilai seni.

Limbah kaca yang mungkin sering dibuang dan diabaikan begitu saja ternyata bisa dimanfaatkan sebagai produk kerajinan yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Kaca-kaca atau beling yang sudah tidak terpakai bisa diolah dengan cara dileburkan atau sekedar dibentuk kembali dan dihaluskan.

Terdapat beberapa barang kerajinan dari kaca yang mungkin sudah sering kita temui, contohnya vas bunga, asbak, pajangan, bunga kaca, dan sebagainya. Warna dan bentuknya pun beragam begitu pula dengan ukurannya.

Secara umum, industri kaca dibagi menjadi dua macam. Ada industri yang menghasilkan bahan kaca dan ada pula industri yang menghasilkan kaca olahan.

Industri yang memproduksi bahan kaca merupakan industri yang mangolah kaca dari biji kaca, pasir silika, dan komponen-komponen lainnya sehingga menghasilkan lembaran-lembaran kaca. Pada industri ini kaca yang dihasilkan memiliki ukuran standar dan biasanya tanpa warna kecuali dipesan.

Sedangkan industri kaca olahan merupakan industri yang menghasilkan produk akhir. Bisanya pada indystri ini kaca diolah sesuai kebutuhan konsumen. Tahapan produksinya, seperti penggosokan tepian kaca, grafir, penambahan kekuatan, pewarnaan, hingga pelengkungan.

Pengrajin Kaca

Para pengrajin kaca tak hanya membuat barang-barang kerajinan kaca yang berupa benda-benda dengan bentuk unik. Mereka juga terkadang menjual kaca lembaran yang cantik. Lembaran-lembaran kaca yang sudah dipercantik oleh pengrajin disebut kaca dekorasi.

Kaca-kaca dekorasi biasanya dilukis dengan cat maupun diukir dengan grafir. Jumlah pengrajin kaca dekorasi tidak terlalu banyak. Sedikitnya pengrajin karena mengerjakan kaca dekorasi tidak bisa sembarangan. Harus orang yang sudah ahli yang mengerjakannya.

Hanya mereka yang ahli dan berjiwa seni yang bisa mengerjakannya. Itu agar kaca yang dihasilkan beragam dan bisa memenuhi selera pasar. Tak hanya membuat kaca dekorasi saja, biasanya para pengrajin kaca juga membuat kreasi dari kaca lainnya.

Meja, kursi, vas bunga, pot, mangkok dan barang-barang lainnya merupakan contoh yang bisa dibuat dari bahan baku kaca. Pengrajin yang kreatif juga sering mengkombinasikan kaca dnegan bahan-bahan lain, seperti kayu dan rotan.


Contoh dan Macam-Macam Kerajinan dari Kaca


Selain digunakan sebagai alat minum seperti gelas, botol, digunakan untuk bangunan rumah, atau cermin, kaca juga bisa dijadikan sebagai bahan kerajinan yang memiliki nilai jual.

Tidak hanya kaca yang dibentuk menjadi kerajinan dari awal, melainkan juga kerajinan yang berasal dari limbah kaca.

Berikut merupakan beberapa kerajinan dari kaca:

1. Souvenir dari Kaca Pyrex

Kerajinan dari Kaca | Industri, Pengrajinnya di Indonesia dan Contohnya
Image Source: suarasurabaya.net/Tirto Adam

Salah satu kerajinan yang cukup banyak dibuat adalah yang menggunakan kaca pyrex. Jenis kerajinan kaca yang satu ini bisa dibentuk menjadi sebuah figure untuk pajangan.

Di Surabaya misalnya, terdapat UMKM pengrajin yang membuat souvenir ikon Surabaya dengan menggunakan kaca pyrex.

Tentunya untuk membuat kerajinan yang seperti ini diperlukan kreativitas, keterampilan, ketelitian dan kehati-hatian.

Sebagai souvenir oleh-oleh, kerajinan ini juga sangat cocok dijadikan sebagai pajangan di rumah.

2. Pajangan Kapal

Kerajinan dari Kaca | Industri, Pengrajinnya di Indonesia dan Contohnya
Image Source: antarafoto.com/Risyal Hidayat

Kerajinan kaca lainnya yang menggunakan kaca pyrex misalnya dibuat dalam bentuk kapal dengan ukuran yang cukup besar.

Sama seperti membuat ikon Surabaya, kerajinan kaca membuat pajangan berbentuk kapal juga membutuhkan keterampilan, kreativitas, ketelitan, dan kehati-hatian.

Proses pembuatannya pun juga cukup lama karena terdapat detail yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu tidak heran juga misal kerajinan ini dipatok dengan harga yang lumayan tinggi.

Memiliki bentuk indah, ditambah dibuat dari bahan kaca membuatnya terlihat cukup mewah dan berharga.

3. Lampu Tidur

Kerajinan dari Kaca | Industri, Pengrajinnya di Indonesia dan Contohnya
Image Source: gizigo.id

Jika mempunyai toples kaca yang sudah tidak digunakan, daripada dijual lebih baik dibuat menjadi kerajinan, salah satunya adalah menjadi lampu tidur.

Cara membuatnya pun tidaklah sulit, hanya perlu toples kaca dan lampu tumblr atau lampu LED strip yang sekarang banyak dijual di e-commerce.

Tidak perlu membeli lampu LED strip dengan ukuran yang panjang, karena sedikit saja sudah cukup untuk toples berukuran kecil.

Membuatnya pun cukup masukkan saja lampu LED strip ke dalam toples kaca, dan letakkan di tempat sesuai keinginan.

4. Gelas Lukis

Kerajinan dari Kaca | Industri, Pengrajinnya di Indonesia dan Contohnya
Image Source: tokopedia.com

Kerajinan dari kaca selanjutnya adalah gelas lukis. Jenis yang satu ini pun juga memiliki nilai jual dan kerap diminati oleh wisatawan asing.

Lukisan pada gelas bisa bermacam-macam sesuai dengan pengrajinnya atau jika pengrajin tersebut bisa melayani permintaan jenis luksan maka lukisan bisa sesuai dengan keinginan pembeli.

Karena melukis gelas kaca yang masih polos, tentunya dibutuhkan keterampilan untuk membuatnya.

5. Tempat Pensil

Image Source: gizigo.id

Tidak perlu membeli tempat pensil untuk menaru alat tulis pada meja kerja/belajar di rumah, kalian bisa membuatnya sendiri menggunakan toples atau gelas kaca menjadi tempat pensil.

Membuatnya kerajinan tempat pensil dari gelas/toples kaca pun tidak sulit. Jika ingin lebih bervariasi atau terlihat lebih cantik, kalian bisa melukisnya dengan motif atau corak sederhana terlebih dahulu.

6. Lampu Gantung

Image Source: shopee.co.id

Apabila mempunyai botol kaca, jangan buru-buru untuk membuangnya, karena bisa dibuat menjadi kerajinan lampu gantung.

Membuatnya juga tidak terlalu sulit, cukup dengan memotong bagian bawah botol 1/3 atau sedikit saja, lalu masukkan alat untuk memasukkan bohlam dari lubang yang dibuat.

Gantungkan di tempat sesuai keinginan atau bisa juga di buat gantungan dari papan triplek tebal seperti pada gambar contoh.

7. Vas Bunga Botol Kaca dan Benang Wol

Image Source: weddingchicks.com

Kerajiinan kaca lainnya yang bisa dibuat adalah vas bunga, dengan memanfaatkan botol bekas dan benang wol, vas bunga untuk bunga artifisial dapat dibuat menjadi aestetic.

Tidak perlu mengecatnya, cukup dengan melilitkan benang wol di seluruh permukaan botol kaca sampai tertutupi dengan benang.

Jika ingin terlihat lebih aestetic, maka gunakan benang wol dengan warna-warna pastel, misalnya seperti krem, merah muda tapi cenderung putih, dll.

Selanjutnya tinggal memasukkan bunga ke dalam vas dan letakkan di tempat sesuai keinginan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.