Kerajinan dari Botol Bekas, Contoh dan Cara Membuatnya

Kerajinan dari botol bekas nampaknya sudah tidak asing lagi. Bahkan kerajinan berbahan botol bekas sudah sering di ajarkan sejak zaman taman kanak-kanan atau sekolah dasar. Kreasi kerajinan dari botol bekas pun beragam.

Ada pot bunga, celengan, sapu plastik, lampu hias, kursi, pohon, bunga, dompet koin, dan masih banyak lagi yang semuanya terbuat dari botol bekas. Botol yang digunakan juga bermacam-macam. Ada botol berbahan plastik dan ada juga botol berbahan kaca.

Semua dapat dikreasikan dari botol bekas, untuk itu jangan dulu membuang atau meloakkan botol bekas kalian. Daripada dibuang begitu saja lebih baik mengasah kreativitas dengan membuat kerajinan dari botol bekas.


Kerajinan dari Botol Bekas


Kerajinan tangan botol bekas bisa dibilang sebagai suatu karya seni yang menggunakan bahan dasar botol bekas, entah bekas minuman atau sejenisnya. Benda-benda tersebut setelah dimanfaatkan untuk menjadi kerajinan akan menjadi hasil karya yang bernilai seni.

Beberapa bentuk kreasi dari botol bekas bahkan banyak dijual di toko-toko souvenir. Terbayang bukan jika kalian membuatnya sendiri kemudian menjualnya. Berapa banyak pundi rupiah yang akan kalian dapatkan.

Pemanfaatan barang-barang bekas, seperti botol juga memiliki banyak nilai positif. Selain ramah lingkungan, kita juga bisa menjadikannya lahan bisnis dengan menjual hasil kerajinan tangan bikinann sendiri.

Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang ini, menjual tidak perlu lagi door to door atau lewat toko. Cukup foto lalu upload dan tinggal menunggu pembeli yang tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Botol kaca dan plastik merupakan sampah yang sulit diuraikan. Berbeda dengan sampah organik yang mudah terurai walau hanya dipendam di dalam tanah. Sampah-sampah botol jika dibuang begitu saja tentu akan merusak ekosistem, untuk itu lebih baik di daur ulang.

1. Kreasi Celengan dari Botol Plastik 

kerajinan botol dari bekas
image source: tock.earth

Saat senggang apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini para orang tua sibuk mencari kegiatan baru yang bisa dilakukan dengan si kecil. Salah satu kegiatan yang bermanfaat dan juga dapat mengasah kreativitas adalah dengan mengajak mereka membuat kerajinan tangan.

Jika dirumah terdapat sampah botol plastik minuman, itu bisa disulap menjadi celengan karakter untuk si kecil. Selain ada kegiatan menarik, hasilnya pun bermanfaat. Anak akan semakin rajin menabung dengan celengan hasil kreasi mereka.

Berikut ini alat dan bahan serta cara pembuatan celengan dari botol plastik.

Alat dan bahan:

1. Botol bekas ukuran 330 ml

2. Gunting

3. Cutter

4. Spidol

5. Lem sernaguna

6. Cat

7. Pita

8. Manik-manik

9. Mata boneka

10. Kain flanel

11. Kain felt

Cara pembuatannya:

1) Buat lubang untuk masuknya uang tepat di tengah botol. Lubangi menggunakan cutter yang sudah dipanasi agar bentuk lubang lebih rapi. Sebelumnya buat dulu pola lubang dengan spidol agar hasilnya tidak berantakan.

2) Setelah dilubangi, cat botol agar lebih menarik atau bisa juga menggunakan cat spray. Jika ingin melakukan bersama anak-anak lebih baik menggunakan cat biasa dengan kuas. Gunakanlah cat warna cerrah agar lebih menarik.

3) Tempelkan manik-manik atau mata boneka sebagai mata pada bagian dekat tutup. Jika tidak ada manik-manik atau mata boneka bisa juga menggunakan kertas berwarna hitam putih dan membuatnya jadi mata.

4) Tempelkan juga hiasan telinga dari kain fel dan kain flanel.

5) Kaki celengan bisa dibuat dari empat buah tutup botol. Tempelkan saja dengan lem serbaguna hingga mengering dan kuat. Pastikan tempel dengan rata agar hasilnya bagus.

6) Boleh diberi tambahan pita sebagai hiasan apalagi jika celengannya untuk anak perempuan.

7) Celengan dari botol bekas siap digunakan.

Mudah dan praktis bukan cara membuatnya. Bahan-bahannya pun sangat murah dan sederhana. Dengan membuat kerajinan ini anak juga dapat dilatih kreativitasnya.

2. Pot Bunga Tembok untuk Kebun Vertikal

Kerajinan dari Botol Bekas, Contoh dan Cara Membuatnya
Image Source: dekoruang.top

Membuat kerajinan botol bekas dalam bentuk kebun vertikal yang menempel di dinding tembok bisa menjadi salah satu solusi memanfaatkan limbah botol bekas.

Tidak hanya memanfaatkan botol bekas, tapi juga membantu membuat rumah terlihat lebih hijau dengan tanaman yang di tanam di atasnya. Berikut cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Botol bekas
  • Tanah
  • Pupuk
  • Tanaman
  • Tali
  • Paku dan palu
  • Gunting

Cara Membuat:

  1. Siapkan botol bekas, posisikan memanjang dan potong bagian tengahnya dengan bentuk memanjang sebagai ruang untuk tanah dan tanaman.
  2. Bisa juga memotong botol dengan cara membagi dua.
  3. Pada bagian bawah bootl yang sudah dipotong, lubangi dengan paku berukuran kecil, agar ketika tanaman di siram air tidak menjadi genangan di dalam botol.
  4. Siapkan tanaman/bibit tanaman, tanah dan pupuk.
  5. Campurkan pupuk dan tanah ke dalam botol yang sudah dilubangi lalu tanam bibit tanaman di botol yang sudah disiapkan tanah.
  6. Buat gantungan di tembok menggunakan paku dan tali, untuk menggantung pot tanaman dari botol bekas agar bisa menggantung di dinding.
  7. Lakukan cara yang sama untuk botol lainnya.

3. Kerajinan Botol Bekas Lampu Hias

Kerajinan dari Botol Bekas, Contoh dan Cara Membuatnya
Image Source: instructables.com

Daripada dibuang, botol bekas juga bisa dijadikan sebagai kerajinan yang menarik seperti lampu hias.

Tentu memang membuatnya tidak hanya menggunakan botol bekas saja, namun botol bekas tetap bermanfaat digunakan sebagai bagian dari bahan kerajinan yang memiliki nilai keindahan.

Penasaran bagaimana, berikut merupakan cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Botol bekas
  • Sendok plastik bekas
  • Gunting
  • Cutter
  • Lem
  • Lampu set
  • Stik eskrim bekas (jika ingin membuat kreasi penyangga bagian bawah lampu meja).

Cara Membuat:

  1. Pertama siapkan botol bekas dan potong bagian bawahnya menggunakan cutter agar bisa dimasukkan lampu.
  2. Jika sudah siapkan sendok plastik bekas dan potong pada bagian ujung sendok, lakukan juga dengan sendok plastik lainnya.
  3. Susun dan tempelkan sendok yang sudah dipotong ke botol mulai dari bagian bawah dan ujung sendok juga menghadap kebawah.
  4. Lakukan penyusunan dengan posisi seperti sisik ikan dan sampai botol tertutup oleh potongan sendok plastik.
  5. Masukkan lampu dari bagian bawah botol yang di awal tadi bagiannya sudah dipotong dan keluarkan kabel untuk lampu dari dalam lewat bagian atas botol.
  6. Jika ingin ditempatkan dimeja bisa dengan membuat kotak terlebih dahulu menggunakan stik eskrim.
  7. Susun stik eskrim menjadi bentuk persegi dan biarkan bagian tengahnya kosong, pastikan ada beberapa srik eskrim yang dipotong untuk jalur kabel.
  8. Terakhir letakkan lampu hias dari botol bekas di kotak yang sudah dibuat dan colok ke listrik untuk menyalakannya.
  9. Tidak menggunakan penyangga dari stik eskrim juga tidak masalah dan lampu juga bisa ditempatkan dengan cara digantung.

4. Pot Bunga Lucu

Kerajinan dari Botol Bekas, Contoh dan Cara Membuatnya
Image Source: hidupsimpel.com

Botol bekas tidak hanya bisa dibuat sebagai pot tanaman untuk luar ruangan saja, dijadikan sebagai kerajinan pot tanaman dengan bentuk yang lucu pun juga bisa.

Misalnya botol bekas dibuat menjadi pot tanaman dengan bentuk wajah binatang-binatang seperti panda, tikus, atau kucing. Berikut cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Botol Bekas
  • Cutter
  • Spidol
  • Cat

Cara Membuat:

  1. Pertama siapkan botol bekas lalu buat sketsa potongan di tengah botol dengan dua bagian yang ada segitiga lancip atau lengkung untuk telinga hewan.
  2. Selanjutnya potong botol bekas sesuai dengan garis yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Jika sudah warnai botol yang telah dipotong, jika ingin dilukis panda, cat dengan warna dasar putih.
  4. Selanjutnya berikan warna hitam pada telinga, dan lukis wajahnya.
  5. Pot tanaman lucu siap digunakan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.