Kerajinan dari Batu yang Simple dan Bisa Dipraktekkan Di Rumah

Kerajinan dari batu mungkin merupakan kerajinan tangan pertama yang pernah dibuat manusia. Di zaman batu, bahkan semua perkakas sehari-hari terbuat dari batu. Mulai dari peralatan berburu hingga peralatan makan.

Tak heran jika di zaman modern seperti sekarang ini manusia makin kreatif saja dnegan ide kerajinan dari batu. Nenek moyang kita saja bisa membuatnya, apalagi kita di zaman yang serba canggih ini, tentu mengukir diatas batu bukanlah hal yang sulit lagi.


Kerajinan dari Batu


Seni atau kreasi kerajinan dari batu sangat beragam. Ada seni pahat, seni ukir, bahkan sekedar seni menghias atau menata batu juga menjadi trend saat ini. Permintaan akan kerajinan dari batu semakin meningkat seiring perubahan life style manusia.

Saat ini banyak konsep hunian yang mengusung tema back to nature. Kebanyakan rumah bergaya back to nature memakai furniture yang terbuat dari bahan-bahan alam, seperti batu, kayu, bambu, dan rotan. Perlengkapan rumah dari bahan-bahan tersebut makin banyak diminati.

Seni kerajinan batu kini tidak sebatas pemahatan patung saja, dekorasi rumah dari batu bahkan lebih mendominasi. Beberapa hiasan rumah dari batu dibuat dengan teknik yang simple hingga rumit. Teknik yang rumit meliputi pahatan dan ukiran.

Sementara teknik yang sederhana meliputi pewarnaan atau penataan batu saja. Membuat kerajinan dari batu dengan teknik sederhana bisa dilakukan siapa saja dirumah untuk mengisi waktu senggang. Berikut ini beberapa contoh kreasi kerajinan dari batu yang simple.

1. Hiasan dari batu

sumber gambar: tribunnews.github.io

Kalian bisa membuat hiasan hanya bermodalkan batu atau batu karang dan toples kaca bisa juga menggunakan botol kaca. Caranya kumpulkan batu dengan warna dan ukuran senada sebanyak-banyaknya. Usahakan kumpulkan beberapa warna agar hiasan terlihat cantik.

Cuci bersih batu-batu yang telah kalian kumpulkan lalu keringkan hingga kering. Selanjutnya tata batu pada toples kaca sesuai ukuran dan warna hingga berlapis-lapis. Bisa mulai dari yang kecil ke besar atau sebaliknya dari besar ke kecil. bisa juga tambahkan pasir pantai. Tutup toples dan tambahkan pita untuk mempercantik.

2. Pajangan Dinding

image source: pinterest.com

Pajangan atau lukisan dinding bisa dibuat menggunakan bebatuan yang ada di sekitar loh. Kalian juga bisa melengkapinya dengan properti lain, seperti ranting pohon dan daun atau bunga kering. Tinggal direkatkan pada triplek kemudian diberi bingkai.

3. Wadah Serbaguna dan Pot

image source: diyncraft.com

Wadah serbaguna atau pot juga bisa dibuat dari batu. Alat dan bahannya cukup sederhana, kalian hanya butuh lem super dan batu alam. Untuk membuat pot pakai batu yang berukuran sedang. Sementara untuk membuat wadah pensil atau pulpen bisa menggunakan batu yang lebih kecil.

Susun batu hingga membentuk wadah satu persatu dengan cara merekatkan antar batu dengan lem super. Jika sudah tertata jemur dulu kurang lebih 1 – 2 jam. Baru wadah atau pot bisa digunakan.

4. Ucapan

image source: k4craft.com

Tidak ada kartu ucapan? Pakai saja batu sebagai kartu ucapan anti mainstream. Pilihlah batu pipih yang agak lebar dengan permukaan yang halus. Tulis kata per batu dengan menggunakan spidol permanent, cat kuku, atau tip-ex. Tata batu di dalam kotak bersama kado yang akan kalian berikan.

5. Papan Tanda dari Batu

sumber gambar: kibrispdr.com

Papan tanda juga bisa dibuat dari batu loh. Caranya gampang, ambil beberapa batu pipih dengan permukaan yang halus. Beri warna batu menggunakan cat sesuai tanda yang ingin kalian buat. Susun huruf yang kalian buat pada sebuah papan atau triplek.

Beri lubang pada triplek kemudian tambahkan seutas tali goni. Papan tanda bernuansa etnik sudah bisa digunakan. Selamat mencoba berkreasi dengan hiasan batu milik kalian.

Mudah-mudah bukan? Bermodal batu, lem, dan beberapa aksesoris, kalian sudah bisa mendapatkan karya seni berupa kreasi kerajinan dari batu. Tidak perlu menjadi pematung atau tukang pahat batu dulu untuk menjadi seniman amatir.

6. Bingkai Foto

sumber gambar: diyjoy.com

Jika merasa bosan dengan bingkai foto yang biasa-biasa saja, maka tidak ada salahnya mencoba kerajinan batu yang dijadikan sebagai elemen pada bingkai foto.

Tidak harus membeli bingkai yang sudah terpasang batu, kalian juga bisa memasangkannya pada bingkai yang sudah kalian miliki.

Untuk jenis batunya sendiri bisa dengan menggunakan batu kerikil yang memilki ukuran kecil-kecil, tidak perlu diwarnai dan biarkan warna asli dari batunya untuk memberikan kesan yang natural.

Selain itu, jika ingin menyesuaikan dengan dekorasi ruangan, bisa juga dengan melapisi batu dengan warna-warna tertentu agar lebih menyatu dan selaras dengan ruangan bingkai ditempatkan.

7. Hiasan Kaktus

Kerajinan dari Batu yang Simple dan Bisa Dipraktekkan Di Rumah
sumber gambar: wonderfuldiy.com

Hiasan hijau pada ruangan tertentu menggunakan tanaman buatan/artifisial yang terbuat dari bahan plastik mungkin sudah biasa.

Jika kalian bosan dan ingin mencari alternatif lainnya, kalian bisa membuatnya dengan menggunakan batu untuk membuat hiasan kaktus.

Cukup dengan pot berukuran kecil, batu kerikil berukuran kecil yang berwarna putih, dan beberapa batu pipih panjang yang ukurannya bervariasi.

Membuatnya pun cukup mudah, warnai batu pipih panjang dengan berbagai variasi tersebut dengan warna hijau mulai dari muda sampai tua, lalu beri aksen putih seperti kaktus menggunakan spidol putih.

8. Tempat Lilin

Kerajinan dari Batu yang Simple dan Bisa Dipraktekkan Di Rumah
goodideasforyou.com

Selain sebagai alat pengganti penerangan, lilin juga kerap digunakan untuk membuat suasana yang romantis dengan pasangan.

Ketika menyalakan lilin, tentunya akan lebih aman jika menggunakan tempat dan agar lelehan lilinnya tidak tidak berceceran di mana-mana.

Oleh karena itu, jika kalian menyukai kesan natural atau alami, kalian bisa membuat kerajinan tempat lilin dengan menggunakan batu.

Jika ingin membuatnya, gunakan batu kecil dengan bentuk pipih agar lebih mudah ketika disusun di sekitar tempat lilin.

9. Photo Holder

Kerajinan dari Batu yang Simple dan Bisa Dipraktekkan Di Rumah
sumber gambar: ormsdirect.co.za

Selain membeli bingkai foto, kalian bisa membuat kerajinan dari batu untuk photo holder sendiri untuk foto yang sudah kalian cetak.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya pun tidaklah sulit di dapat, hanya butuh batu ukuran sedang, kawat dan pemotong kawat.

Lilitkan kawat di batu lalu untuk holdernya, tekuk kawat menjadi lingkatan kecil agar foto bisa diselipkan di sela-sela kawat.

Jika ingin memiliki variasi, kalian juga bisa mewarnai batunya sesuai dengan keinginan.

10. Keset Batu Kali

failfaire.org

Kerajinan keset batu kali bisa dikatakan sebagai jenis kerajinan yang selain berfungsi sebagai keset, tapi juga sekaligus bisa menjadi tempat refleksi untuk kaki.

Membuatnya pun tidak terlalu sulit, cukup dengan keset karet khusus outdoor, batu kali dengan ukuran kecil yang beragam, alas plastik dan perekat silicon anti air.

Pertama siapkan alas plastik, lalu letakkan keset di atas plastik, kemudian tempatkan sejumlah batu kali yang sudah disiapkan di atas keset dengan rapi.

Selanjutnya ambil batu satu-satu, rekatkan menggunakan silikon, letakkan kembali di tempatnya dan tekan agar bisa merekat dengan kuat.

Ulangi proses sampai semua batu menempel.

11. Hiasan Karya Seni

Kerajinan dari Batu yang Simple dan Bisa Dipraktekkan Di Rumah
etsy.com

Tidak hanya dikreasikan dalam bentuk barang yang memiliki fungsionalitas, kerajinan batu juga bisa dibuat untuk hiasan atau barang-barang yang memiliki nilai seni.

Untuk jenis kerajinan batu yang satu ini bisa berbagai macam tergantung kreativitas pembuatnya, mulai dari ilustrasi hewan dari batu, keluarga, atau berupa tanaman seperti pohon.

Media yang digunakan untuk hiasannya pun juga beragam, bisa dengan menggunakan bingkai untuk di pajang di lemari pajangan atau dipajang di dinding.

Jika ingin menambah aksen estetika pada desain ruangan minimalis natural, maka kerajinan batu berupa hiasan karya seni ini bisa digunakan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.