Kerajinan dari Batok Kelapa, Cara Pengolahan dan Contohnya

Kerajinan dari batok kelapa atau tempurung kelapa sudah banyak ragamnya. Souvenir-souvenir dari batok kelapa bisa dengan mudah didapat di pedagang asongan atau kaki lima, toko souvenir, hingga pameran.

Tempurung kelapa tidak hanya bisa dimafaatkan untuk membuat arang saja, tapi juga berbagai kerajinan dari batok kelapa. Membuat kerajinan dari batok kelapa bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah jika berniat menjualnya.


Kerajinan dari Batok Kelapa


Bisnis kerajinan dari batok kelapa bahkan sudah memasuki pasar ekspor. Gaya shabby chic dan back to nature mengenalkan produk dari tempurung atau batok kelapa lebih mendunia. Tak heran jika permintaan akan barang-barang dari batok kelapa selalu berdatangan.

Pohon kelapa memang serbaguna dan memiliki banyak manfaat. Hampir semua bagian pohonnya bisa dimanfaatkan oleh manusia. Mulai dari daun, batang, buah, batok, hingga sabutnya bisa dimanfaatkan. Tak heran jika kelapa dijadikan lambang pramuka karena seribu manfaatnya.

Batok kelapa merupakan lapisan keras pada buah kelapa yang terdiri atas lignin, selulosa, metoksil, dan berbagai mineral. Kandungan bahan-bahan tersebut berbeda-beda tergantung jenis kelapanya.

Struktur yang keras pada tempurung kelapa disebabkan oleh kandungan silikat (SiO₂) yang cukup tinggi kadarnya. Berat dari batok kelapa sekitar 15 – 19 persen dari berat keseluruhan buah kelapa.

Pemanfaatan Tempurung Kelapa

Tekstur yang keras dari batok kelapa membuatnya banyak dimanfaatkan sebagai barang kerajinan. Meski keras dan tidak mudah dibentuk, tapi setelah menjadi barang kerajinan batok kelapa menjadi barang yang kuat dan tahan lama.

Selain dijadikan kerajinan tangan, batok atau tempurung kelapa biasanya dijadikan arang. Entah langsung digunakan begitu saja, atau diproses lewat pembakaran terlebih dulu. Pemanfaatannya sebagai arang dikarenakan batok kelapa termasuk jenis limbah.

Beberapa orang memanfaatkan batok kelapa untuk dijadikan arang dan sisanya menyulapnya menjadi kerajinan tangan. Biasanya batok kelapa yang dipilih untuk kerajinan tangan adalah batok yang sudah tua dan masih bagus.

Bathok kelapa yang dijadikan kerajinan biasanya dipilih yang masih utuh agar mudah di kreasikan. Batok-batok yang utuh biasanya dijadikan mangkuk, celengan, dompet, hingga tas.

Sementara yang potongannya kecil-kecil atau sudah retak dijadikan cinderamata yang lebih kecil. Misalnya saja sendok, gantungan kunci, garpu, alat kerik, dan sebagainya. Semua tergantung pada ukuran dan kondisi batok.

Mengolah Batok Kelapa Menjadi Kerajinan Tangan

Mengolah batok kelapa untuk menjadi sebuah kreasi kerajinan tangan sebenarnya tidaklah sulit. Hanya butuh ketrampilan dan kreativitas saja untuk dapat membuat kerajinan dari batok kelapa. Alat dan bahan yang digunakan juga terbilang sederhana. Berikut ini penjelasan singkatnya!

Alat dan bahan yang dibutuhkan anatara lain;

1) Batok kelapa yang sudah matang tidak terlalu tua tidak juga muda.

2) Gergaji

3) Amplas

4) Pena atau spidol

5) Vernis untuk kerajinan tangan yang berupa hiasan.

6) Minyak atau mineral oil food grade untuk kerajinan tangan yang berupa peralatan makan.

Cara mengolah:

Semua kerajinan dari batok kelapa memiliki tahap yang hampir serupa. Hal yang membedakan hanya pada hasil jadinya atau produknya saja. Jika yang digunakan kelapa utuh, maka pastikan air dan isinya sudah dikeluarkan terlebih dulu.

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah membersihkan batok kelapa dari sabutnya. Setelah semua sabut bersih, perhalus bagian luar tempurung kelapa menggunakan ampelas. Setelah itu, tentukan objek yang akan dibuat.

Misalnya ingin membuat mangkok, maka belahlah batok menjadi dua bagian. Pastikan batok yang akan dijadikan mangkok utuh dan tidak ada retakan. Belah batok menggunakan gergaji, kemudian haluskan bagian pinggir dan dalam menggunakan ampelas.

Semprot batok kelapa yang sudah jadi dengan pengkilap agar lebih cantik dan tahan lama. Gunakan bahan yang foodgrade atau aman untuk makanan. Bisa juga dikuas meneral oil lalu keringkan dengan cara dijemur dibawah terik matahari.

Apabila yang dibuat adalah barang kerajinan, seperti tas, dompet, maupun gantungan kunci, kalian bisa menggunakan vernish untuk membuatnya lebih mengkilap. Penambahan vernish juga dimaksudkan agar batok lebih awet dan cantik.


Contoh dan Macam-Macam Kerajinan dari Batok Kelapa


Batok kelapa tidak selalu dibuang atau dijadikan sebagai arang, tapi juga bisa dikreasikan menjadi berbagai kerajinan yang memiliki nilai ekonomi/nilai jual.

Beberapa macam kerajinan dari batok kelapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Asbak

Kerajinan dari Batok Kelapa, Cara Pengolahan dan Contohnya
Image Source: shopee.co.id

Siapa sangka batok kelapa yang biasa dijadikan sebagai arang bisa diolah menjadi barang kerajinan yang memiliki nilai fungsionalitas, yakni menjadi asbak rokok.

Asbak rokok yang terbuat dari batok kelapa ini cukup unik, alami dan bernuansa tropical. Jika memiliki sedikit keterampilan dan alat yang mendukung, maka siapapun bisa mencoba membuatnya.

Asbak dari batok kelapa ini pun memiliki nilai ekonomi yang bisa dijual untuk mendapatkan pundi-pundi.

2. Cangkir Set

Kerajinan dari Batok Kelapa, Cara Pengolahan dan Contohnya
Image Source: shopee.co.id

Tidak hanya dibuat untuk kerajinan dalam bentuk souvenir saja, batok kelapa pun bisa dibuat menjadi barang yang bisa digunakan seperti cangkir minum atau bahkan dibuatkan setnya.

Cangkir set yang terbuat dari batok kelapa sendiri cukup unik, karena mulai dari beberapa cangkir sampai teko kecilnya dibuat menggunakan batok kelapa.

Kerajinan batok kelapa berupa cangkir set ini pun tidak hanya terlihat alami, tapi juga berkesan dan memiliki nuansa tropical yang menarik untuk dikoleksi.

3. Celengan

Kerajinan dari Batok Kelapa, Cara Pengolahan dan Contohnya
Image Source: dimasfan.com

Salah satu kerajinan cinderamata dari batok kelapa yang cukup unik dan menarik adalah celengan. Jika biasanya celengan terbuat dari plastik, kaleng atau tanah liat, yang ini terbuat dari batok kelapa.

Celengan yang terbuat dari batok kelapa tidak hanya unik, melainkan juga memiliki nilai jual dan bahkan di daerah tertentu bisa dijajakan sebagai oleh-oleh.

Bentuk celengan dari batok kelapa pun bermacam-macam.

4. Tempat Tisu

Kerajinan dari Batok Kelapa, Cara Pengolahan dan Contohnya
Image Source: tokopedia.com

Jika bosan dengan tempat tisu yang biasa saja, maka tidak ada salahnya mencoba tempat tisu yang dibuat dari batok kelapa.

Dari bentuk batok kelapanya sendiri, mungkin akan sedikit membingungkan bagaimana bentuk seperti itu dibuat menjadi tempat tisu.

Namun, batok kelapa yang digunakan bukanlah berukuran besar, melainkan yang sudah dipotong menjadi lingkaran kecil-kecil dan menjadi aksen hiasan tempat tisu.

Tempat tisu hasil kerajinan ini cukup unik dan menarik untuk digunakan.

5. Gantungan Kunci

Kerajinan dari Batok Kelapa, Cara Pengolahan dan Contohnya
Image Source: kerajinanplusplus.blogspot.com

Selain berupa barang yang memiliki fungsionalitas dan digunakan sehari-hari, ada juga yang berupa souvenir, salah satunya adalah gantungan kunci.

Gantungan kunci yang terbuat dari batok kelapa sendiri sangat unik, memiliki bentuk yang bermacam-macam (ikan, bintang laut, dll) dan memiliki nilai jual.

Biasanya souvenir gantungan kunci yang terbuat dari batok kelapa banyak dijual di tempat-tempat wisata sekitar pantai.

6. Hiasan Pajangan Perahu Layar

Image Source: shopee.co.id

Cinderamata lainnya hasil dari kerajinan batok kelapa adalah perahu layar. Kerajinan yang satu ini lebih cocok digunakan sebagai pajangan di rumah.

Selain bentuknya yang memiliki nilai seni dan cukup unik karena dibuat dengan menggunakan batok kelapa, proses membuatnya juga membutuhkan keahlian dan ketelatenan.

Jika di rumah gemar mengoleksi pajangan yang dibuat dari bahan kayu atau yang berwarna cokelat, maka kerajinan perahu layar dari batok kelapa ini bisa juga dijadikan koleksi.

7. Tas

Image Source: finance.detik.com

Barang fungsionalitas lainnya yang merupakan hasil dari kerajinan batok kelapa adalah tas. Umumnya tas yang dibuat dari bahan ini adalah tas mini dan berukuran sedang.

Meskipun terbuat dari batok kelapa, tapi tetap terlihat cantik, berkesan tropical, tradisional, fashion, dan mungkin akan terlihat cocok digunakan jika menggunakan pakaian tradisional di acara tertentu.

Tas dari kerajinan batok kelapa juga memiliki beberapa variasi model yang tiap modelnya memiliki desain yang menarik.

8. Mangkok

Image Source: nagarecraft.com

Mangkok mungkin bisa dikatakan sebagai olahan kerajinan dari batok kelapa yang sudah cukup umum, terlebih karena bentuknya yang mudah untuk dibuat menjadi mangkok.

Kerajinan dalam bentuk mangkok ini memiliki nilai jual karena selain bisa dijadikan souvenir, oleh-oleh, cinderamata, juga bisa digunakan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.