Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Dipraktekkan Anak-Anak

Kerajinan dari barang bekas nampaknya kini makin populer dan makin banyak digemari. Barang-barang bekas yang tadinya tidak berguna bisa disulap menjadi kerajinan yang bernilai jual tinggi. Hampir setiap barang bekas dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan.

Bahan-bahan, seperti koran bekas, botol bekas, kardus bekas, sedotan bekas, bohlam bekas, kantong plastik bekas, kaleng bekas, hingga baju bekas dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan. Semua orang bisa membuatnya bahkan dengan bahan seadanya.

Hanya butuh keuletan, ketelitian, kerapihan, dan kreativitas barang-barang bekas bisa berubah menjadi pundi-pundi rupiah. Apalagi cara dan bahan untuk membuat kerajinan dari barang bekas kini lebih mudah diakses. Kita bisa melihat tutorialnya pada website maupun youtube.


Kerajinan dari Barang Bekas


Masyarakat saat ini tak lagi membuang barang bekas sembarangan. Apalagi mereka yang kreatif, biasanya akan memanfaatkan barang bekas menjadi peluang usaha. Bagi sebagian orang yang malas mungkin memilih untuk meloakkan barang bekas agar bisa dijadian uang.

Meskipun begitu, uang yang di dapat dari menjual barang bekas ke tukang loak atau rongsokan tidaklah seberapa. Berbeda dengan kerajinan dari barang bekas, satu benda saja bisa dijual dengan harga berkali-kali lipat dari harga beli bahan.

Contohnya saja botol sirup, kita biasa membeli sirup perbotol seharga 20 ribu rupiah. Saat sirup habis, tentu botol menjadi tidak berharga. Jika kita kreatif dan bisa mengubah menjadi sebuah kerajinan. Botol sirup tadi setelah menjadi barang kerajinan bisa dihargai sekitar 50 ribu rupiah.

Contoh lain kaleng bekas minuman, biasanya kita membeli minuman kaleng seharga 5 ribu sampai 10 ribu rupiah. Setelah isi minuman habis diminum, tentu kaleng menjadi tidak bernilai. Akan berbeda cerita jika kaleng itu dimanfaatkan sebagai barang kerajinan.

Mengajarkan Kreasi Barang Bekas pada Anak

Anak-anak sangat suka berkreasi dan bereksperimen. Jika kalian memiliki barang bekas di rumah, ajaklah anak-anak untuk membuat kerajinan dari barang-barang bekas tersebut. Ini merupakan aktivitas dimana anak bisa bermain sekaligus belajar.

Berkreasi dengan barang bekas merupakan cara termudah untuk mengajarkaan anak agar peduli dengan lingkungan sekaligus mengembangkan kreativitas mereka. Lewat kerajinan tangan dari barang bekas, kita juga dapat mengajarkan anak manfaat dari mendaur ulang barang bekas.

Kreasi Barang Bekas untuk Anak-Anak

1. Ikan dari Tutup Botol

kerajinan dari barang bekas
image source: mykidcraft.com

Membuat ikan dari tutup botol pastik bekas cukup mudah. Anak-anak pasti akan suka melakukannya. Cukup siapkan beberapa botol bekas, kertas karton, mata boneka, lem serbaguna dan spidol permanen.

2. Binatang dari Karton Wadah Telur

image source: kidsactivitiesblog.com

Karton bekas wadah telur bisa dipakai sebagai tempat penyemaian bibit tanaman, tapi anak-anak akan menyukainya jika itu dibuat sebuah prakarya. Ajari anak-anak untuk membuat capung besar dari wadah telur. Selain bentuk capung, bentuk ulat juga bisa dibuat menggunakan karton wadah telur.

Bahan yang dibutuhkan cukup sederhana. Siapkan saja wadah bekas telur, cat poster atau cat akrilik, kuas, gunting, spidol, lem serbaguna dan karton.

3. Wadah dari Kertas Bekas

image source: kidspot.com.au

Siapa sangka kertas bekas bisa dijadikan wadah anti goyah. Kertas memang kebanyakan lemas dan tidak bisa diberdirikan kecuali dibentuk menjadi origami. Sebenarnya potongan-potongan kertas bekas juga bisa disatukan dan dapat menjadi wadah yang kokoh.

Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan saja potongan kertas bekas, gelas plastik disposible, plastik wrap, lem putih serbaguna, air, kuas dan selotip.

Selanjutnya ambil gelas plastik bekas minuman lalu taruh secara terbalik. Lapisi gelas tersebut menggunakan plastik wrap. Rekatkan plastik wrap agar tidak terlepas menggunakan selotip.

Selanjutnya beri lem pada plastik wrap menggunakan kuas. Tempel potongan kertas satu-persatu. Untuk mempermudah pengambilan kertas celupkan jari pada air. Tutupi semua bagian gelas yang sudah dilapisi plastik dan lem dengan potongan kertas.

Ulangi tahap tersebut hingga beberapa lapisan. Setelah itu jemur masih dalam keadaan terbalik agar lem cepat kering. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada banyaknya lem dan kertas yang digunakan. Setelah kering, copot plastik wrap dari gelas plastik.

Angkat plastik wrap perlahan-lahan dari kertas yang sudah kaku. Potong atau rapikan bagian ujung kertas lalu keringkan bagian dalamnya. Wadah siap digunakan.

4. Hiasan Lampu Bentuk Nanas dari Sendok Plastik Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Dipraktekkan Anak-Anak
Image Source: seruni.id

Jika mempunyai botol bekas dan banyak sendok plastik bekas dengan bentuk yang sama, jangan terburu-buru untuk membuangnya, karena baran bekas tersebut masih bisa dijadikan kerajinan.

Kerajinan barang bekas yang bisa dibuat dari botol dan sendok plastik bekas adalah lampu hias nanas. Berikut merupakan cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Sendok bekas dan botol bekas
  • Lampu meja yang sudah dimiliki
  • Lem
  • Gunting
  • Piso/cutter
  • Cat besi/kayu/ apapun
  • Kertas karton hijau

Cara Membuat:

  1. Pertama potong bagian bawah botol.
  2. Potong sendok bekas dan sisakan bagian ujung sendoknya saja.
  3. Warnai semua ujung sendok yang sudah dipotong dengan cat warna kuning lalu keringkan.
  4. Jika sudah kering susun satu persatu sendok pada botoldengan mata sendok menghadap ke bawah.
  5. Susun dan rekatkan sendok pada botol bekas menggunakan lem.
  6. Lakukan hal yang sama sampai sendok menutupi seluruh botol.
  7. Gunting kertas karton seperti pada gambar.
  8. Tempelkan dengan lem pada bagian atas botol untuk daun nanas.
  9. Terakhir, coba letakkan kap lampu atau hiasan lampu di atas meja.
  10. Taraaa! Hiasan lampu bentuk nanas dari sendok plastik dan botol bekas siap digunakan.

5. Bunga Matahari dari Sedotan Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Dipraktekkan Anak-Anak
Image Source: recycledcreations.wordpress.com

Ketika sudah digunakan, sedotan tidak selalu menjadi limbah, di tangan orang yang kreatif, sedotan bisa disulap menjadi sebuah kerajinan dalam bentuk bunga.

Bunga yang terbuat dari sedotan ini pun tidak kalah cantiknya dengan bunga palsu atau artifisial yang terbuat dari plastik. Berikut merupakan cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Sedotan bekas warna kuning atau jingga
  • Kertas hijau atau botol berwarna hijau bekas untuk daunnya
  • Kertas berwarna hitam
  • Lidi untuk tangkai
  • Gunting
  • Lem

Cara Membuat:

  1. Pertama siapkan sedotan berwarna kuning dan potong menjadi tiga bagian dengan ukuran yang sama panjang tiap bagiannya.
  2. Pegang bagian ujung pada sedotan yang sudah dipotong menjadi tiga bagian lalu potong dari ujung ke ujung kemudian buka hasil potongan sedotannya.
  3. Lakukan hal yang sama di potongan sedotan yang lainnya.
  4. Potong kertas hitam dengan bentuk lingkaran.
  5. Susun dan tempelkan sedotan yang sudah dipotong dan disiapkan sebelumnya menggunakan lem secara beraturan membentuk bunga matahari.
  6. Jika membuat lebih dari satu bunga, lakukan hal yang sama sampai membentuk satu bunga matahari.
  7. Tempelkan kertas hitam di bagian tengah/pucuk/putik bunganya.
  8. Sebelum digabungkan dengan lidi pastikan lem sudah benar-benar kering.
  9. Bungkus lidi dengan kertas berwarna hijau.
  10. Gabungkan bunga matahari yang sudah dibuat dengan lidi sebagai tangkainya.

6. Tempat Pensil dari Kaleng Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Dipraktekkan Anak-Anak
Image Source: upcycledtreasures.com

Kerajinan barang bekas yang satu ini mungkin bisa dikatakan sebagai yang cukup mudah untuk dibuat karena membuat tempat pensil dengan menggunakan kaleng bekas.

Kaleng bekas yang digunakan pun bisa beragam sesuai dengan yang tersedia di rumah. Berikut merupakan cara membuatnya:

Alat dan Bahan:

  • Kaleng bekas
  • Cat poster
  • Kertas karton/kertas origami
  • Lem

Cara Membuat:

  1. Siapkan kaleng bekas yang akan dijadikan tempat pensil, cuci sampai benar-benar bersih kemudian keringkan.
  2. Selanjutnya untuk hiasan bisa dengan mewarnainya menggunakan cat poster atau akrilik sesuai dengan kreatifitas atau pola/corak yang diinginkan.
  3. Alternatif hiasan lain bisa dengan menggunakan kertas origami, gunting kertas origami menjadi pola-pola tertentu yang diinginkan lalu tempelkan pada bagian luar kaleng menggunakan lem.
  4. Tempat pensil siap digunakan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.