Kerajinan dari Bambu | Alat dan Bahan serta Contohnya

Kerajinan dari bambu sudah sangat populer di Indonesia bahkan hingga mendunia. Tanaman bambu sendiri sangat mudah ditemukan dan dibudidayakan di Indonesia. Mereka dapat tumbuh di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi.

Biasanya hidup merumpun dan di tempat terbuka yang bebas dari genangan air. Terdapat banyak jenis bambu, tapi yang paling sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia adalah jenis bambu apus, bambu petung, bambu andong, dan bambu hitam.

Dilihat dari segi keawetan dan ketahanannya terhadap serangan bubuk, jenis bambu apus merupakan jenis yang lebih tahan dibandingkan jenis lainnya. Hal ini membuat bambu apus populer atau lebih banyak dipilih untuk dijadikan kerajinan dari bambu.

Selain itu bambu apus diinilai lebih lentur dibandingkan jenis yang lain. itulah mengapa jenis ini banyak digunakan untuk kerajinan karena kerajinan dari bambu biasanya dibuat dengan teknik menganyam yang tentu butuh kelenturan.


Kerajinan dari Bambu


Selain sebagai kerajinan, bambu utuh juga biasa dipakai sebagai bahan bangunan atau bahan konstruksi, tangga, galah, tempat air, dan sebagainya. Sementara bilah bambu biasanya dimanfaatkan sebagai dinding, lantai, reng, pembatas, pagar, ternit, dan kerajinan.

Kegunaan dari bambu cukup luas, kini bahkan banyak peralatan rumah tangga atau peralatan makan yang terbuat dari bambu. Agar menjadi peralatan rumah tangga yang bernilai dan bermanfaat, tentunya bambu perlu diolah terlebih dahulu. Begitupun dengan kerajinan dari bambu.

Tujuan dari pengolahan tersebut tidak lain agar bambu kuat dan tahan lama. Selain itu bambu perlu diolah terlebih dahulu agar lebih mudah dikreasikan dan lebih menarik hasilnya. Apalagi sifat bambu memang sudah istimewa dari sananya.

Sifat yang disukai para pengrajin dari bambu ialah, kuat, ulet, rata, keras, tapi juga lentur dan mudah dibelah. Disamping itu bambu juga ringan sehingga gampang diangkut dan dipindahkan. Ini membuat produksi kerajinan bambu lebih mudah dikerjakan daripada bahan baku kayu.

Bahan dan Peralatan untuk Membuat Kreasi Bambu

Bahan:

1. Bambu

Untuk membuat kerajinan dari bambu sebaiknya menggunakan bambu apus karena jenisnya yang kuat dan awet. Pilihlah bambu yang sudah berumur kurang lebih satu tahun. Keringkan dengan benar setelah ditebang dan dibelah-belah.

Jemur dibawah sinar matahari langsung selama kurang lebih dua hari agar hasilnya kuat dan tahan lama. Bambu yang sudah kering juga dapat menjaga stabilitas dimensi bambu. Warna permukaannya juga lebih baik dan lebih mudah digarap.

Pengeringan bambu juga tiadk bisa sembarangan. Harus dijemur dibawah sinar matahari langsung dengan waktu yang tepat. Jika terlalu cepat dalam penjemuran dapat mengakibatkan bambu menjadi pecah-pecah. Jika terlalu lama warnanya juga tidak bagus.

2. Lem

Lem yang digunakan dalam kerajinan dari bambu adalah jenis lem kuning dan lem bening.

3. Pewarna

Warna asli anyaman atau bilah bambu sudah cantik bila langsung dikerjakan. Namun, sebagian besar pengrajin biasanya menambahkan warna agar kerajinannya lebih menarik. Ppewarna yang biasa dipakai untuk mewarnai bambu adalah pewarna makanan atau sumba.

4. Larutan Peroksida (H₂O₂)

Larutan ini digunakan untuk memutihkan atau memudarkan guna mempercerah warna asli bilah bambu. Tujuannya agar lebih bersih dan cemerlang. Biasanya larutan ini bisa dibeli di toko bahan kimia.

5. Vernis

Vernis sifatnya hanya digunakan sebagai variasi. Penggunaan pernis biasanya untuk bagian kerangkan agar lebih mengkilap dan halus.

Peralatan:

1. Gergaji

Gerggaji yang digunakan tidak harus gergaji besar. Cukup yang berukuran sedang dengan mata gergaji yang gepeng dan bergigi halus.

2. Pisau besar

Pisau besar digunakan untuk membelah bambu menjadi bilah atau lembaran-lembaran pipih

3. Pisau serut

Kegunaan dari pisau serut tak lain untuk memperhalus bambu agar nantinya didapatkan hasil yang bagus.

4. Gunting

Gunting biasanya digunakan untuk menggunting pola atau anyaman bambu. Pastikan gunting yang digunakan benar-benar tajam dan kuat.

5. Tang jepit

Tang ini berfungsi untuk merapatkan atau menjepit bagian tertentu.

6. Tang tekuk

Saat proses pengerjaan ada kalanya pembentukan kerangka dari bahan yang agak tebal. Disinilah kegunaan tang ini, selain itu juga bisa untuk memelintir kawat jika diperlukan.


Contoh Kerajinan dari Bambu


1. Lampu Hias

Kerajinan dari Bambu | Alat dan Bahan serta Contohnya
Image Source: merdeka.com

Di tangan orang atau pengrajin yang kreatif, bambu bisa dibuat menjadi kerajinan lampu hias cantik yang dapat memperindah nuansa desain pada ruangan.

Lampu hias yang dibuat dengan bahan dasar bambu juga bisa memiliki variasi desain yang berbeda-beda dengan aneka macam motif atau juga bisa berupa anyaman.

Jika ingin membelinya, harga yang ditawarkan untuk lampu hias juga beragam mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah.

2. Tempat Alat Tulis

Kerajinan dari Bambu | Alat dan Bahan serta Contohnya
Image Source: aliexpress.com

Alat tulis bisa dijadikan sebagai salah satu kerajinan dari bamboo yang cukup mudah untuk dibuat, karena jika hanya ingin membuat yang sederhana, tidak perlu memiliki keterampilan tertentu.

Jika ingin bervariasi bisa dengan memotong bambu menjadi beberapa macam ukuran mulai dari yang pendek, sedang dan agak tinggi, lalu haluskan bambu tersebut sebelum digunakan.

Untuk menghiasnya bisa dengan mengikatnya dengan tali pita, atau memberikan lukisan berupa motif menggunakan spidol.

3. Vas Bunga

Kerajinan dari Bambu | Alat dan Bahan serta Contohnya
Image Source: id.china-bamboo-products.in

Selain dari keramik, vas bunga hasil kerajinan dari bambu juga memiliki keindahan yang tidak kalah menarik, terlebih memiliki kesan alami dan menambah keindahan ruangan.

Vas bunga dari bambu pun memiliki bentuk yang cukup beragam, ada yang dibuat dengan mempertahankan bentuk asli bambunya dan ada juga yang dibuat dalam bentuk anyaman.

Untuk yang menggunakan bentuk asli bamboo, ada juga variasinya yang menambahkan ukiran pola atau corak tertentu dan ada jug

4. Bingkai Cermin

Kerajinan dari Bambu | Alat dan Bahan serta Contohnya
Image Source: domestically-speaking.com

Kerajinan bambu lainnya yang dapat menambah keindahan atau meningkatkan unsur alami pada desain adalah dengan membuatnya menjadi bingkai cermin.

Cermin dengan bentuk lingkaran cocok untuk dikombinasikan dengan kerajinan bambu yang satu ini dan meskipun bentuk hiasan bambunya cukup sederhana tapi menambah keindahan cermin.

Bambu dengan berbagai macam ukuran dipotong dengan tinggi yang sama lalu disusun melingkari cermin yang berbentuk lingkaran tersebut.

5. Kerajinan Bambu Bingkai Foto

Kerajinan dari Bambu | Alat dan Bahan serta Contohnya
Image Source: arizankerajinan.blogspot.com

Selain bingkai cermin, bingkai foto juga bisa juga dibuat sebagai hasil kerajinan dari bambu yang menarik untuk digunakan.

Bingkai foto yang dibuat dari bambu juga ada berbagai macam desainnya, ada yang menggunakan potongan asli dari bentuk bambu yang disusun menjadi bingkai dan ada juga dalam bentuk anyaman.

Mau itu bentuk anyaman atau potongan bambu yang disusun, keduanya menarik jika dibuat menjadi bingkai foto dan menambahkan kesan alami tersendiri pada ruangan.

6. Kerajinan Bambu Instalasi Seni

Image Source: hot.detik.com

Instalasi seni mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu kerajinan dari bambu yang biasanya memiliki ukuran besar dan penggunaan bambu yang lebih banyak daripada kerajinan bambu lainnya.

Cukup banyak seniman yang menggunakan bambu sebagai bahan untuk instalasi seninya dan dibuat dengan rancangan yang unik.

Bentuk instalasi seni yang beragam membuatnya kerap dijadikan sebagai objek foto karena biasanya instalasi seni dapat menambah keindahan tertentu pada wilayah/tempat di mana ia dipasang.

7. Lampu Taman

Kerajinan dari Bambu | Alat dan Bahan serta Contohnya
Image Source: moslemlifestyle.com

Tidak hanya dibuat menjadi kerajinan yang digunakan di dalam ruangan, bambu juga bisa dibuat menjadi kerajinan luar ruangan, misalnya seperti dibuat menjadi lampu taman.

Lampu taman yang dibuat dari bambu dapat menambah keindahant aman dan kesan alami tersendiri, terlebih jika dikombinasikan dengan lampu berwarna kuning.

8. Kursi dan Meja

Image Source: shopee.co.id

Set kursi meja yang dibuat dari bambu mungkin termasuk salah satu jenis kerajinan yang cukup sering dilihat.

Pada masanya kerajinan dalam bentuk set dan kursi meja ini banyak digunakan, sampai sekarang pun masih banyak peminatnya.

Biasanya bambu dibuat menjadi 2 atau 3 kursi untuk satu orang, 1 kursi panjang dan satu meja di tengahnya, namun sekarang ada juga yang membuatnya dalam bentuk L.

1 thought on “Kerajinan dari Bambu | Alat dan Bahan serta Contohnya”

  1. Sebetulnya sering kali bahan dan alat kerja kerajinan bambu cukup sederhana. Tinggal keterampilan perajinnya saja.

    Sampai banyak jenis kerajinan tangan yang bisa dibuat.

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.