Kerajinan Berbasis Media Campuran dan Beberapa Contoh Produknya

Kerajinan berbasis media campuran merupakan sebuah seni kreasi kerajinan dari dua bahan untuk menghasilkan satu benda kerajinan tangan. Memadukan dua bahan baku dominan dan tambahan pada jenis kerajinan ini bertujuan agar produk yang dihasilkan lebih menarik.

Selain bertujuan agar produk yang dihasilkan lebih menarik, pembuatan kerajinan berbasis media campuran juga memiliki maksud lain. Biasanya perpaduan dua atau lebih bahan baku dimaksudkan untuk menghemat bahan baku utama dan menjadikan karya lebih estetik.


Kerajinan Berbasis Media Campuran


Memadukan dua bahan untuk menghasilkan sebuah karya tanpa menghilangkan fungsi aslinya merupakan tujuan dari kerajinan ini. Untuk membuatnya kalian dapat melakukan perpaduan antara bahan alami dengan alami atau buatan dengan buatan, maupun alami dnegna buatan.

Bahan baku yang biasa digunakan dalam pembuatan kerajinan berbasis media campuran, diantaranya batuan, kayu, bambu, plastik, dan logam. Perpaduan bahan-bahan tersebut haruslah diperhatikan sifat-sifatnya agar tidak merusak bahan campurannya.

Seperti logam misalnya, beberapa logam memiliki sifat yang mudah berkarat. Sebaiknya sebelum dipakai logam harus diolah terlebih dulu supaya saat sudah menjadi barang jadi tidak merusak barang lainnya.

Kayu juga memiliki sifat mudah rapuh, untuk itu harus hati-hati dalam memilih bahan campurannya agar bentuk serta fungsi produk dari kayunya tetap terjaga. Jangan salah menggabungkan bahan agar produk jadinya tetap estetik dan bernilai ekonomi.

Contoh Jenis Kerajinan Campuran

Terdapat eberapa contoh kerajinan dari bahan atau media campuran yang dapat kita temukan. Berikut ini beberapa contohnya:

1. Perhiasan

Image Source: selasar.com

Perhiasan merupakan salah satu contoh kerajinan yang terbuat dari media campuran. Keberadaannnya sangat umum dan dapat ditemukan dimana saja. Biasanya kerajinan dalam bentuk perhiasan memaadukan batuan alam dengan logam mulia.

Misalnya saja cincin emas yang bertahtakan berlian. Sekarang ini bahkan perhiasan juga terdapat kreasi baru dengan memadukan logam mulia, seperti emas dengan gelang atau kalung tali dan manik-manik.

Bahkan ada juga yang memadukan bahan batuan buatan dengan batuan alam. Ada yang mencelup perhiasan platina atau perak ke sepuhan emas, dan sebagainya. Semuanya tetap indah dan sesuai fungsinya sebagai sebuah perhiasan.

2. Tas

Image Source: bukalapak.com

Tas merupakan salah stau kerajinan tangan yang memungkinkan dibuat dari perpaduan bahan baku. Misalnya saja bahan kulit dengan logam atau bahan kain dnegan plastik, dan sebagainya.

Tas bukan hanya digunakan untuk membawa barang dan berpergian, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai pajangan. Tas-tas mahal branded bahkan sudah menjadi barang investasi di kalangan para kolektor.

Para kolektor mengaggap tas yang dikeluarkan oleh luxury brand sebagai sebuah karya seni yang mengagumkan. Kebanyakan dibuat dari bahan-bahan yang jarang atau sulit di dapat, seperti kulit buaya, hingga detail pada tas dari emas dan permata.

3. Mainan

Image Source: news.detik.com

Mainan merupakan contoh lain dari kerajinan berbasis media campuran. Banyak mainan, seperti action figure yang terbuat dari bahan campuran. Misalnya saja bahan plasti dengan karet atau bahan fiberglass dengan karet, dan sebagainya.

Perpaduan itu dimaksudkan agar mainan tidak mudah pecah saat terjatuh. Mainan akan tetap awet, tapi juga tetap sesuai dengan fungsinya jika dibuat dengan perpaduan beberapa bahan dasar. Bentuknya pun akan semakin unik.

4. Cendera Mata

Image Source: littlecece.com

Cendera mata umumnya berupa gantungan kunci, pajangan kecil, hingga pernak pernik kecil lain yang unik-unik. Benda-benda cindera mata dapat ditemukan di mana saja. Umumnya cendera mata terbuat dari berbagai bahan campuran.

Cohtohnya saja gantungan kunci. Kepala gantungan kunci biasanya terbuat dari logam atau besi. Sementara bandulan dibawahnya terbuat dari berbagai macam bahan. Mulai dari plastik, resin, fiberglass, karet, kaca, kayu, dan sebagainya.

Begitu juga dengan beberapa benda cendera mata yang lain. Kebanyakan merupakan kerajinan berbasis media campuran. Meski terbuat dari campuran bahan, tapi fungsi aslinya tetap tidak berubah.

5. Sepeda

Kerajinan Berbasis Media Campuran dan Beberapa Contoh Produknya
Image Source: lemonbin.com

Sepeda juga bisa dikatakan sebagai salah satu hasil dari kerajinan berbasis media campuran yang banyak digunakan baik itu untuk olahraga atau alat transportasi.

Dikatakan sebagai salah satu kerajinan berbasis media campuran, sepeda tidak hanya dibuat dengan menggunakan logam, tapi juga ada bagian yang menggunakan bahan lain.

Misalnya seperti pada rodanya, roda sepeda terbuat dari bahan karet, jok/sadel sepeda bagian atasnya dibuat dari bahan karet dan isinya bisa terbuat dari busa.

Berdasarkan jenis atau harganya, ada juga sepeda yang pada bagian pedalnya menggunakan plastik.

6. Sandal

Image Source: bukalapak.com

Kerap digunakan dalam aktifitas sehari-hari, sandal juga termasuk salah satu hasil dari kerajinan yang berbasis media campuran.

Sandal tidak hanya terbuat dari karet saja, beberapa desainer dari produsen sandal ada juga yang membuatnya dikombinasikan dengan tali, bahan kain, logam, kulit, atau bahkan pernak-pernik permata.

Hasil kerajinan sandal pun mempunyai berbagai macam variasi desain yang berbeda-beda, baik itu berdasarkan jenis penggunaannya, siapa penggunanya (laki-laki atau perempuan) dan harganya.

Banyaknya variasi desain atau model sandal ini juga bisa menjadi peluang untuk dengan kreatif membuat sandal yang unik, modis, dan memiliki nilai jual.

7. Jepitan Rambut

Image Source: tokopedia.com

Biasa digunakan oleh Wanita, jepit rambut yang memiliki beragam variasi model ini pun juga bisa dikatakan sebagai salah satu kerajinan yang berbasis media campuran.

Pada pembuatan jepit rambut hanya menggunakan bahan logam saja pun sudah cukup, tapi semakin banyak kreasi yang membuatnya mengkombinasikan berbagai macam media.

Misalnya untuk jepit rambut yang memiliki banyak gigi penjepit. Meskipun terlihat seperti semuanya terbuat dari plastik, namun bagian yang berperan agar penjepit bisa menjepit rambut terbuat dari bahan logam.

Jika bicara variasi model jepit rambut yang lain, ada juga yang dibuat dengan perpaduan bahan manik-manik, mutiara, plastik, kain berbentuk pita/bunga dan masih banyak lagi.

8. Kalung

Kerajinan Berbasis Media Campuran dan Beberapa Contoh Produknya
Image Source: shopee.co.id

Kalung adalah salah satu aksesoris yang biasa digunakan untuk menunjang penampilan dan digunakan oleh banyak orang.

Meskipun umumnya kalung terbuat dari logam, tapia da juga desainer yang membuat dengan mengkombinasikannya dengan bahan lain.

Misalnya ada yang membuat kalung emas dengan mutiara, atau permata untuk menambah kesan mewah dari kalung yang dibuatnya.

Bentuk kalung hasil campuran media ini pun bermacam-macam bergantung pada kreasi desainer dari perusahaan yang menjualnya.

9. Cincin

Kerajinan Berbasis Media Campuran dan Beberapa Contoh Produknya
Image Source: boards.weddingbee.com

Sama seperti kalung, cincin juga merupakan salah satu jenis aksesoris yang juga bisa dikatakan sebagai kerajinan yang berbasis media campuran.

Cincin juga pada dasarnya/umumnya dibuat dengan bahan logam berupa perak atau emas. Namun ada juga yang membuatnya dengan mengkombinasikan bahan lain seperti mutiara atau permata.

Cincin yang dibuat dengan kombinasi permata seperti berlian tidak melulu digunakan sebagai aksesoris, melainkan ada juga yang menggunakannya untuk melamar pasangan/pernikahan.

Pada dasarnya bentuk cincin lingkaran untuk dimasukkan ke jari, namun kreatifitas desainer membuatnya menjadi berbagai macam bentuk yang cantik dan elegan ketika digunakan.

10. Bingkai Foto

Kerajinan Berbasis Media Campuran dan Beberapa Contoh Produknya
Image Source: hot.liputan6.com

Kerajinan berbasis media campuran lainnya yang biasa digunakan dan kerap ditemui sehari-hari adalah bingkai foto.

Bingkai foto adalah kerajinan berbasis media campuran yang bahan/media penyusunnya bermacam-macam, ada yang kombinasi kaca dan kayu, ada juga logam dan kaca.

selain kombinasi dua bahan/media tersebut, bingkai juga bisa dibuat dengan kreasi dari bahan lainnya, misalnya seperti sedotan, plastik, kertas yang dibentuk bunga, daun, dan masih banyak lagi.

Variasi kerajinan dari bingkai foto juga bermacam-macam tergantung pada kreatifitas yang membuatnya dan bahkan bisa memiliki nilai jual.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.