Kerajinan Bahan Keras | Tahapan-Tahapan dan Contohnya

Kerajinan bahan keras merupakan kreasi barang-barang yang terbuat dari bahan-bahan yang sifatnya keras. Hasil kerajinan bahan keras dapat dimanfaatkan sebagai benda hias maupun benda pakai. Bahan keras yang digunakan untuk kerajinan terbagi dalam dua kelompok.

Ada bahan keras alami dan bahan keras buatan. Di sekitar kita banyak tersedia bahan-bahan yang disediakan oleh alam. Apabila kita orang yang kreatif, tentu kita bisa mengubahnya menjadi kerajinan tangan yanag indah.

Beberapa contoh bahan keras alami, diantaranya ada kayu, tulang hewan, batu, bambu, cangkang kerang, hingga biji-bijian. Semuanya merupakan bahan kerajinan tangguh yang tersedia di alam sekitar.

Sementara untuk bahan keras buatan sebenarnya juga berasal dari bahan alami yang telah mengalami pengolahan oleh manusia. Bahan-bahan tersebut diolah menjadi bahan setengan jadi untuk kerajinan. Contohnya, seperti bahan logam atau metal, kaca, semen, dan lain sebagainya.


Kerajinan Bahan Keras


Manusia merupakan makhluk yang kreatif dan juga inovatif. Bahkan sejak zaman dahulu manusia telah terampil membuat berbagai macam barang yang dibutuhkan untuk kehidupannya, termasuk juga kerajinan tangan.

Menurut sejarah sejak zaman batu pun manusia telah mampu membuat perkakas untuk berburu dan makan. Apalagi ditengah teknologi canggih seperti sekarang ini, mengolah bahan keras untuk menjadi sebuah kerajinan yang indah bukan lagi hal yang sulit.

Selain kemampuan manusia yang terampil membuat kerajinan, melimpahnya bahan baku membuat para orang kreatif terus menuangkan idenya dalam bentuk kerajinan yang beragam. Kerajinan bahan keras dapat dijadikan bisnis yang berpotensi mendatangkan keuntungan besar.

Tahapan dalam Membuat Kerajinan 

Terdapat beberapa langkah penting yang perlu diperhatikan saat membuat kerajinan ini agar mendapatkan hasil yang berkualitas. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat kerajinan dari bahan keras:

Membuat Desain

Drafting atau membuat sketsa desain merupakan hal yang harus dilakukan ketika ide muncul dibenak kalian. Kalian dapat menggambar desain di kertas maupun pada aplikasi ponsel atau komputer. Hasil desai yang kalian buat akan sangat mempengaruhi hasil akhir kerajinan yang akan dibuat.

Menyiapkan Peralatan dan Bahan

Langkah selanjutnya setelah membuat draft atau desai gambar adalah menyiapkan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan. Menyiapkan semua peralatan dan bahan sebelum memulai proses pengerjaan akan membantu dalam membuat kerajinan.

Hal ini sangat penting sehingga saat proses pengerjaan tidak akan terjadi kekurangan bahan atau tidak tersedianya alat yang dibutuhkan. Itu bisa sangat menghambat proses pekerjaan atau bahkan mengagalkannya. Jadi, pastika kalian menyiapkan semuanya dengan benar.

Proses Eksekusi Bahan Keras

Setelah semua bahan dan alat telah tersedia dengan lengkap, saatnya untuk memulai pengerjaan kerajinan. Lakukan eksekusi tahap demi tahap sesuai dengan desai yang dibuat sebelumnya. Jangan terlalu terburu-buru dan hanya mementingkan kuantitas.

Jangan pernah mengabaikan proses yang membutuhkan pengerjaan detail. Itu akan membantu kalian menyelesaikan perkerjaan dengan lebih efektif dan efisien serta mendapatkan hasil yang berkualitas. Semua produk yang baik dihasilkan dari proses yang detail.

Finishing

Setiap kerajinan tangan yang telah dibuat pasti membutuhkan sentuhan akhir untuk menyempurnakannya. Pada tahap akhir ini kalian bisa merapikan, menghaluskan, memberi warna, atau hiasan untuk menambah estetika.

Proses akhir dari keseluruhan pengerjaan kerajinan material keras ini juga nantinya akan memberikan nilai tambah pada kualitas dari produk kerajinan itu sendiri. itulah proses-proses atau tahapan yang ada pada pengerjaan kerajinan tangan dari bahan keras.

Sebenarnya proses diatas merupakan proses umum yang harus dilakukan oleh setiap pengrajin kerajinan. Bukan hanya terbatas pada kerajinan bahan keras saja. Berbekal penjelasan diatas semoga kalian yang membaca bisa mengaplikasikannya pada project kerajinan kalian. Semangat!


Contoh Kerajinan dari Bahan Keras


Bahan keras baik itu alami atau buatan kerap dijadikan sebagai bahan untuk berbagai macam kerajinan, baik yang memiliki nilai fungsionalitas, hiasan, dan nilai jual.

Dari sekian banyaknya kerajinan yang dibuat menggunakan bahan keras, berikut merupakan beberapa contohnya:

1. Vas Bunga Botol Kaca

Image Source: weddingchicks.com

Memiliki botol kaca bekas akan sayang jika langsung dibuang begitu saja dan menjadi limbah. Lebih baik dimanfaatkan untuk dibuat kerajinan dalam bentuk vas bunga.

Tidak perlu memotong botol kaca yang memerlukan alat-alat tertentu, melainkan cukup dengan benang wol dan sedikit lem saja bisa membuat botol kaca menjadi vas bunga yang terlihat aestetik.

Cara membuatnya juga cukup mudah, tempelkan ujung benang wol pada bagian atas botol dengan lem, lalu lilitkan botol dengan benang wol sampai seluruhnya tertutupi.

Jika ingin terlihat aestetik, maka pilih benang wol dengan warna-warna pastel. Bisa juga dengan menambahkan hiasan dari tali pita.

2. Hiasan Kaktus

Image Source: wonderfuldiy.com

Memiliki tanaman hias kaktus bisa menambah keindahan ruangan, ditambah perawatannya yang juga tidak terlalu sulit.

Daripada membelinya, dengan menggunakan bahan keras seperti batu, kalian bisa membuat kerajinan hiasan kaktus mirip dengan aslinya.

Membuatnya pun cukup mudah, cukup dengan batu kerikil berukan kecil putih, batu pipih dengan berbagai macam ukuran, cat hijau, cat putih dan pot kecil.

Berikan warna dasar hijau pada batu pipih berbagai macam ukuran, lalu tambahkan warna aksen putih untuk kesan duri kaktusnya, terakhir susun di pot sampai terlihat seperti hiasan kaktus.

3. Kerajinan Bahan Keras Jam Dinding Kayu

Kerajinan Bahan Keras | Tahapan-Tahapan dan Contohnya
Image Source: shopee.co.id

Tidak biasa, kerajinan dari bahan keras kayu ternyata juga bisa dibuat menjadi jam dinding dengan desain yang menarik dan menambah keindahan rumah.

Karena dijadikan jam, tentu tidak semuanya terbuat dari kayu. Tapi yang pasti jam kayu ini sangat kreatif dan desainnya bahkan bisa dibuat lebih variatif tergantung kreatifitas pengrajin/pembuatnya.

Jam bisa dibuat dalam bentuk bingkai lingkaran, lalu untuk angkanya menggunakan tampilan kartu domino mulai dari 1 – 12, di mana ini terlihat sangat unik.

4. Casing Handphone Kayu

Kerajinan Bahan Keras | Tahapan-Tahapan dan Contohnya
Image Source: jualcasinghp.com

Jika umumnya casing handphone dibuat dengan bahan karet, plastik, leather atau bahkan kombinasi ketiganya, namun sebenarnya ada juga kerajinan bahan keras kayu yang membuatnya jadi casing.

Casing handphone berbahan kayu tentunya sangat tidak biasa dan bisa juga dikatakan sangat unik karena bahannya terbuat dari kayu.

Tidak hanya dalam bentuk polos, mengandalkan corak alami kayu dan menyesuaikan bentuk handphone, tapi casing kayu pun juga bisa bermacam-macam.

Ada yang diberikan ukiran, lukisan, kata-kata atau juga penggunaan bahan casingnya dikombinasikan dengan bahan lain.

5. Jam Tangan Kayu

Kerajinan Bahan Keras | Tahapan-Tahapan dan Contohnya
Image Source: instagram.com/lanccelot

Umumnya jam tangan dibuat dengan bahan logam, karet, kulit, atau kombinasi ketiganya. Tapi ada juga kerajinan bahan keras kayu yang dibuat menjadi jam tangan.

Jam tangan kayu bisa dikatakan cukup unik karena bahan yang digunakannya. Selain terlihat kesan natural, corak alami dari kayu memberikan keindahan tersendiri.

Sekarang ini bisa dikatakan sudah cukup banyak produsen yang membuat jam tangan dari kayu, dan banyak orang yang memiliki minat untuk memilikinya, baik untuk digunakan atau sebagai koleksi.

6. Kerajinan Bingkai Foto Kerang

Kerajinan Bahan Keras | Tahapan-Tahapan dan Contohnya
Image Source: kpapreps.com

Kerang merupakan salah satu bahan keras alami yang bisa dijadikan sebagai kerajinan cinderamata yang memiliki nilai jual.

Salah satu kerajinan bahan keras yang bisa dibuat dari kerang adalah bingkai foto. Kerajinan ini kerap dijual sebagia oleh-oleh/souvenir di tempat wisata daerah sekitaran pantai.

Siapapun yang ingin memiliki bingkai foto kerang jika tidak bisa membelinya langsung, kalian juga bisa membelinya secara online di e-commerce.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.